Lifestyle

Lima Alasan Media Sosial Bikin Kita Merasa Insecure dan Benci Diri Sendiri

Kezia Kevina Harmoko

Posted on November 14th 2021

(Foto: getronydesign / Vecteezy)

Siapa sih yang sekarang nggak pakai media sosial. Hampir semua orang pasti punya. Tugas masa orientasi aja biasanya nge-post twibbon di Instagram atau bikin video perkenalan di Instagram. Memang gak bisa terpisahkan lagi deh media sosial sama kehidupan saat ini.

Sayangnya, berkembangnya media sosial ini bikin kita sering merasa insecure. Kadang kita jadi membenci diri sendiri juga karena apa yang kita lihat di media sosial. Nah, menurut seorang penulis bernama S. Rufus seperti yang dilansir dari Psychology Today, ada beberapa alasan media sosial mampu membawa negatif seperti itu.

Media sosial dibuat seperti kontes

Jumlah likes, followers, subscribers, dan semuanya tentang angka sengaja dipamerkan di media sosial agar kita berkompetisi satu sama lain. Hadir di media sosial rasanya seperti sebuah kompetisi yang harus diikuti.

Kemampuan kita rasanya gak berguna

Ada beberapa kemampuan yang bakal berguna banget untuk tampil oke di media sosial. Misal bisa fotografi, make up, sampai bisa mix and match baju. Namun, gak semua orang punya keahlian di sana. Mungkin kita punya kemampuan yang juga keren, tapi akhirnya kita merasa down karena kemampuan kita gak Instagrammable.

Media sosial itu panggung

Kita menampilkan yang terbaik di media sosial (terutama first account). Semua orang menampilkan sisi paling oke. Kita melihat semuanya yang bagus, masa kita nggak ikut menampilkan hal baik juga? Mungkin ini secara nggak sadar jadi alasan kenapa kita terus terpacu buat mengunggah konten di media sosial.

Semua batas hilang

Media sosial menghubungkan kita dengan orang di seluruh dunia. Kita bisa tahu apa yang terjadi di belahan bumi lain. Ini bisa jadi hal positif, bisa juga bikin kita merasa down karena sudah banyak yang ternyata lebih baik dari kita. Tanpa media sosial mungkin kita cuma dibandingkan sama tetangga, tapi dengan media sosial kita bisa dibandingkan sama influencer yang hidupnya berbeda negara dari kita.

Kita gak bisa lepas dari media sosial

Kita mungkin merasakan beberapa dampak negatif dari media sosial, tapi gak gampang bisa menarik diri dari sana. Media sosial sudah jadi cara kita berkomunikasi dengan orang lain dan menghilang dari sana sama aja memutus hubungan.

Memang gak selamanya media sosial berdampak buruk, pasti ada dampak baiknya juga. Namun, kalau kamu merasakan dampak negatif dari media sosial bahkan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari—ada baiknya rehat dulu dari media sosial ya. Kamu bisa deactivate akun secara sementara biar gak tergoda buat log in dan doomscrolling lagi.

Related Articles
Lifestyle
Doomscrolling, Kebiasaan Scrolling Medsos Tanpa Tujuan Bisa Berujung Depresi

Lifestyle
Lagi Susah Menemukan Hal Untuk Disyukuri? Ini Waktunya Bikin Gratitude Journal

Lifestyle
Stres dan Gangguan Kecemasan Itu Mirip Tapi Beda, Cek Nih Penjelasannya!