Current Issues

WHO: Kasus Covid-19 di Seluruh Dunia Menurun, Kecuali Eropa

Dwiwa

Posted on November 11th 2021

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan jika Eropa menjadi satu-satunya wilayah di dunia di mana kasus dan kematian Covid-19 terus meningkat. Dalam sepekan terakhir, kematian akibat virus corona naik 10 persen di Eropa.

Dilansir dari AP, dalam laporan mingguannya tentang pandemi, badan kesehatan PBB mengatakan ada sekitar 3,1 juta kasus baru secara global. Angka itu meningkat sekitar 1 persen dari minggu sebelumnya. Hampir dua pertiga dari infeksi virus corona -yakni 1,9 juta kasus- berada di Eropa. Angka kasus itu naik 7 persen.

Negara-negara dengan jumlah kasus baru tertinggi di dunia adalah Amerika Serikat, Rusia, Inggris, Turki, dan Jerman. Jumlah kematian mingguan Covid-19 turun sekitar 4 persen di seluruh dunia dan menurun di setiap wilayah, kecuali Eropa.

Dari 61 negara yang termasuk dalam wilayah Eropa -yang termasuk Rusia dan membentang ke Asia Tengah- 42 persen melaporkan lonjakan kasus setidaknya 10 persen dalam seminggu terakhir. Di Amerika, WHO mengatakan bahwa kasus mingguan baru turun 5 persen dan kematian menurun 14 persen.

Di Asia Tenggara dan Afrika, kematian akibat Covid-19 menurun sekitar sepertiga, meskipun wilayah tersebut mengalami kekurangan vaksin. Di Indonesia sendiri jumlah kasusnya terus mengalami penurunan signifikan. Dalam seminggu terakhir, angka kasus baru harian bahkan selalu kurang dari seribu.

Direktur WHO Eropa, Dr. Hans Kluge, mengatakan pekan lalu bahwa Eropa sekali lagi kembali menjadi pusat pandemi. Dia memperingatkan bahwa jika lebih banyak tindakan tidak diambil untuk menghentikan Covid-19, wilayah tersebut dapat melihat 500.000 kematian lagi pada bulan Februari.

Artikel Terkait
Current Issues
Direktur WHO Rekomendasikan Orang Batalkan Atau Tunda Rencana Liburan

Current Issues
Amerika Berikan Booster Vaksin Covid-19 Mulai September

Current Issues
Perbarui Pedoman, CDC Akui Virus Corona Baru Bisa Menular Lewat Airborne