Entertainment

Setelah ‘Eternals’, Ini Deretan Film Marvel Cinematic Universe Mendatang

Jingga Irawan

Posted on November 10th 2021

Credit: Getty Images

Fans Marvel di Indonesia bisa sedikit lega. Pasalnya, pemutaran perdana Eternals di bioskop mulai dilakukan Rabu, (10/10). Satu persatu Phase 4 Marvel Cinematic Universe (MCU) telah rilis. Meskipun demikian, masih banyak lagi proyek Marvel yang belum dirilis lho, gengs.

Disney telah mengalami beberapa penundaan kalender rilis mereka karena berbagai masalah produksi, sebagian besar masih terkait pandemi Covid-19. Baru-baru ini, Marvel juga menunda tanggal rilis untuk lima film MCU pada Oktober 2021. Di antaranya, Thor, Black Panther, Doctor Strange, The Marvels dan Ant-Man and the Wasp: Quantumania.

Sementara jadwal rilis Marvel mengisyaratkan film telah direncanakan hingga 2027, studio hanya membagikan detail tentang film yang keluar antara sekarang dan akhir 2023. Phase 4 MCU diperkirakan hanya berlangsung selama dua tahun, yang berarti bahwa setiap Marvel film yang dirilis setelah 2023 kemungkinan tak akan memiliki banyak detail. Hmmm... apa saja sih film-film Marvel mendatang?

1. Spider-Man: No Way Home - 17 Desember 2021

Plot Spider-Man: No Way Home akan mengikuti akhir yang mengejutkan dari Far From Home, dengan karakter Tom Holland berurusan dengan dampak identitas sebagai Spider-Man, membuatnya untuk meminta bantuan Doctor Strange.

Ada banyak spekulasi bahwa film ini akan membawa multiverse, dan pengumuman casting telah memasukkan wajah-wajah familiar dari film Spider-Man sebelumnya, termasuk Jamie Foxx sebagai Electro dan Alfred Molina sebagai Doctor Octopus, Tom Holland sebagai Peter, Zendaya sebagai MJ dan Benedict Cumberbatch yang akan mengulangi perannya sebagai Doctor Strange.

2. Doctor Strange In The Multiverse Of Madness - 6 Mei 2022

Doctor Strange in the Multiverse of Madness adalah sekuel dari film Doctor Strange tahun 2016, dan diharapkan akan masuk jauh ke dalam Multiverse MCU, yang pertama kali ditampilkan di Spider-Man: Far From Home.

Sam Raimi mengambil alih sebagai sutradara untuk Doctor Strange in the Multiverse of Madness, dengan Benedict Cumberbatch dan Benedict Wong masing-masing akan mengulangi peran mereka sebagai Doctor Strange dan Wong. Selanjutnya, Elizabeth Olsen akan muncul sebagai Scarlet Witch, dan film ini akan langsung berhubungan dengan serial Disney+ miliknya, WandaVision.

3. Thor: Love And Thunder – 8 Juli 2022

Thor: Love and Thunder menandai pertama kalinya sebuah film solo di MCU dibuatkan empat kali berturut-turut. Setelah kesuksesan Thor: Ragnarok, Taika Waititi kembali menulis dan menyutradarai Love and Thunder, yang tak hanya menghadirkan kembali Chris Hemsworth sebagai Thor dan Tessa Thompson sebagai Valkyrie tetapi juga Natalie Portman sebagai Jane Foster.

Natalie Portman memainkan Mighty Thor dalam sekuel baru, yang terjadi sebelum peristiwa Guardians of the Galaxy Vol. 3, dan akan menampilkan anggota tim Guardians. Selain itu, sekuel Thor akan menyambut Christian Bale sebagai Gorr the God Butcher dan Russell Crowe dalam peran Zeus. Film ini rilis pada 8 Juli 2022, tetapi syutingnya telah selesai menyusul berbagai penundaan terkait pandemi.

4. Black Panther: Wakanda Forever - 11 November 2022

Jika rilis Black Panther: Wakanda Forever sesuai jadwal, itu akan menandai film ke-30 di MCU. Black Panther memecahkan sejumlah rekor box office ketika dirilis. Film itu merupakan film superhero pertama yang dinominasikan untuk Film Terbaik Oscar.

Ryan Coogler akan kembali untuk menulis dan mengarahkan Black Panther 2. Setelah kepergian Chadwick Boseman pada Agustus 2020, sekuelnya akan difokuskan pada karakter lain di Wakanda seperti Nakia (Lupita Nyong'o), Shuri (Letitia Wright), dan Okoye (Danai Gurira) karena Marvel memilih untuk tak membuat ulang karakter T’Challa.

5. The Marvels - 17 Februari 2023

Captain Marvel 2, secara resmi disebut The Marvels, sedang dalam pengerjaan dan akan dirilis pada 17 Februari 2023. Brie Larson akan mengulangi perannya sebagai Carol Danvers/Captain Marvel dalam sebuah cerita berlatar MCU saat ini. Selain Brie Larson, ada Teyonah Parris sebagai Monica Rambeau dan Iman Vellani sebagai Ms. Marvel. Sementara, Zawe Ashton berperan sebagai penjahat untuk film yang mulai syuting pada Agustus 2021 itu.

6. Guardians of the Galaxy Vol. 3 - 5 Mei 2023

Guardians of the Galaxy Vol. 3 sedang dibuat, meskipun itu akan dirilis lebih lambat dari yang diharapkan. Tak lama setelah mengirimkan draft naskahnya ke Marvel, James Gunn dikabarkan dijadwalkan untuk memulai produksi di Guardians of the Galaxy Vol. 3 pada awal 2019 dengan tujuan membuat tanggal rilis akhir 2020.

Namun karena Disney memecat Gunn dan kemudian mempekerjakannya kembali beberapa saat kemudian, jadwal Guardians of the Galaxy Vol. 3 harus mundur. Gunn kemudian dijadwalkan untuk membuat The Suicide Squad untuk DC Films, yang sudah ia, sebelum pindah ke Guardians of the Galaxy Vol. 3.

Sekuel MCU sekarang ditetapkan untuk tanggal rilis 5 Mei 2023. Semua karakter asli seperti Chris Pratt, Zoe Saldana, Karen Gillan, Dave Bautista, Bradley Cooper, Vin Diesel, dan Pom Klementieff  diperkirakan akan kembali.

7. Ant-Man And The Wasp: Quantumania - 28 Juli 2023

Tak banyak yang diketahui tentang Ant-Man 3 sejauh ini, tetapi Paul Rudd kembali sebagai Scott Lang, begitu pula Evangeline Lilly sebagai Hope Van Dyne, alias The Wasp. Michael Douglas dan Michelle Pfeiffer juga masing-masing kembali sebagai Hank Pym dan Janet Van Dyne. Film yang secara resmi berjudul Ant-Man and the Wasp: Quantumania ini dijadwalkan rilis pada 28 Juli 2023, dan saat ini merupakan film MCU terakhir yang direncanakan dengan tanggal rilis yang telah dikonfirmasi.

Ada pula deretan judul film yang sedang dikembangkan Marvel tapi belum memiliki tanggal rilis, Fantastic Four, Blade, X-Men, hingga Deadpool 3.

Perlu dicatat bahwa beberapa hak atas properti Marvel masih dimiliki oleh Sony dan ada bukti kuat bahwa Sony dan Marvel akan membawa dua alam semesta mereka ke dalam tabrakan, terutama setelah Venom: Let There Be Carnage tahun 2021 dan trailer Morbius tahun 2022. Namun, hubungan pasti antara film-film tersebut belum sepenuhnya dikonfirmasi sehingga tak termasuk dalam daftar ini.(*)

Related Articles
Entertainment
[REVIEW] Thanos Jadi Idola, Ada Apa dengan Avengers?

Entertainment
Daftar Tayang Terbaru Film Marvel Phase 4 yang Tertunda Karena Covid-19

Entertainment
Sam Raimi Bakal Sutradarai Doctor Strange 2. Akankah Tobey Maguire Ikutan?