Tech

CEO Apple Tim Cook Sebut Perusahaannya Sedang Pelajari Kripto

Jingga Irawan

Posted on November 10th 2021



Apple tampaknya akan menyusul Tesla sebagai perusahaan yang dekat dengan industri kripto. Dilansir TechCrunch, Rabu (10/10), CEO Apple Tim Cook mengkonfirmasi bahwa perusahaan sedang mempelajari cryptocurrency, tetapi belum ada rencana cepat untuk meluncurkan penawaran terkait kripto.

Tim Cook tak merinci divisi mana pun di mana perusahaan yang dapat menjelajahi kripto, tetapi dia mencatat ada beberapa area bisnis Apple di mana dia tak akan mempertimbangkan untuk memperkenalkan penawaran kripto.

Saat ditanya oleh pewawancara Andrew Ross Sorkin apakah Apple akan mempertimbangkan untuk menerima cryptocurrency melalui Apple Pay atau sebaliknya, Tim menjawab pertanyaan itu masih secara umum, kalau kripto adalah “sesuatu yang sedang kami pelajari.” Namun, dia menjelaskan Apple telah memutuskan untuk tak berinvestasi dalam cryptocurrency.

“Aku akan mengkategorikannya, karena ada hal-hal yang tak akan aku lakukan, seperti saldo kas perusahaan. Aku tak akan menginvestasikannya di kripto, bukan berarti aku tak akan menginvestasikan uangku sendiri di kripto, tetapi karena aku tak mengira orang membeli saham Apple untuk mendapatkan eksposur ke kripto. Jadi, jika mereka ingin melakukan itu, mereka dapat berinvestasi langsung di kripto melalui cara lain,” kata Tim Cook.

Tim Cook juga menyebut bahwa Apple tak punya rencana mengambil kripto untuk produknya sebagai alat tender. Tetapi, dia dengan tegas menyatakan kripto ada di radar perusahaan, dan perusahaan belum mengumumkan apa pun tentang masalah ini.

Pesaing Apple Pay seperti PayPal, Venmo, dan aplikasi Cash Square Inc. semuanya telah pindah ke ruang kripto dalam beberapa bulan terakhir, jadi akan aneh jika Apple tak mempertimbangkan keputusan untuk membuat langkah serupa.

Terlepas dari semua pemikirannya terhadap perusahaan yang ia pimpin, Tim Cook sendiri tak menolak terhadap investasi kripto, memberi tahu publik kalau dia sendiri berinvestasi dalam mata uang kripto.

“Aku pikir masuk akal untuk memilikinya sebagai bagian dari portofolio yang terdiversifikasi,” kata Tim Cook, menambahkan sambil tertawa, “Ngomong-ngomong, aku tak memberikan saran investasi kepada siapa pun.”

Ia melanjutkan percakapan dengan mengatakan dia tertarik pada cryptocurrency untuk beberapa waktu. Menurutnya juga, NFT (non-fungible token) adalah sesuatu yang menarik tetapi mereka akan membutuhkan waktu lebih lama untuk beradaptasi pada publik.

Tim Cook juga berbicara secara umum tentang teknologi AR, tetapi tak mengomentari rencana VR Facebook baru-baru ini dengan Meta atau proyek Apple potensial apa pun yang melibatkan mobil, tampaknya ia berusaha dengan keras tak terlalu banyak bicara soal rencana masa depan Apple.(*)

Foto: AFP

Related Articles
Tech
Bocah 12 Tahun Asal Inggris Hasilkan Kekayaan Rp 5,7 Miliar Lewat NFT

Tech
Elon Musk Bantah Kabar Ingin Gantikan CEO Apple, Tim Cook

Tech
Elon Musk dan 'Penambang' Bitcoin Berkomitmen Atasi Masalah Kripto