Korea

Meski Bertalenta, 10 Grup Kpop Ini Underrated Menurut Fans

Delima Pangaribuan

Posted on November 8th 2021

Grup Kpop dikenal bertalenta banget dan serbabisa. Kalau kemampuannya setengah-setengah, hampir bisa dipastikan kalau mereka bakal gagal di industri Kpop. Tapi kenyataannya, banyak juga grup yang talented abis tapi nggak sepopuler grup lain.

Ini membuktikan betapa kerasnya persaingan di industri Kpop. Kira-kira grup mana aja sih yang udah oke banget secara kemampuan, tapi mungkin nggak sepopuler grup-grup lain? Ini dia sepuluh grup yang menurut fans kurang populer atau underrated, dikutip dari Koreaboo.

1. Oh My Girl

(Soompi)

Grup ini debut pada 20 April 2015. Sebenarnya OMG terkenal di Korea Selatan. Tapi namanya kurang terkenal di kalangan fans internasional. Lagunya yang paling populer sejauh ini adalah Nonstop dengan 76,2 juta penonton di YouTube.

2. Dream Note

(Kprofiles)


Mereka debut pada 7 November 2018. Album mereka yang paling banyak penjualannya adalah Dream Wish, itu pun cuma 5 ribu keping. Sedangkan MV-nya yang paling banyak ditonton adalah Hakuna Matata dengan 1,76 juta viewers. Untuk ukuran Kpop, itu sedikit banget, sih.

3. KARD


(KpopHit)

 


KARD debut pada 19 Juli 2017 dengan album Hola Hola. Album ini juga menjadi album mereka yang paling populer sampai sekarang. Artinya, penjualan album mereka yang selanjut-selanjutnya nggak segede Hola Hola. Mereka masih eksis sampai sekarang.

4. NATURE

(dbKpop)


Grup ini debut 3 Agustus 2018 dengan album Girls and Flowers. Album itu cuma terjual seribu keping. Tapi popularitas mereka agak sedikit menanjak di album Nature World: Code A yang penjualannya mencapai 12,3 ribu keping. Lagu mereka yang paling populer adalah I'm So Pretty dengan 10,5 juta penonton di YouTube.

5. Weeekly

(YouTube)

Grup ini debut 30 Juni 2020. Album pertama mereka, We Are, terjual 21,5 ribu keping saja. Tapi beruntung sekarang Weeekly mulai makin dikenal dan banyak muncul di berbagai acara berkat lagu viral mereka, After School. MV mereka yang satu ini bahkan sudah ditonton 108 juta kali di YouTube.

6. Woo!Ah!

(Kepoper)

Woo!Ah! debut pada 13 Mei 2020 dengan album Exclamation. Album ini terjual 5,5 ribu keping. Sejauh ini, album mereka yang paling laris adalah Wish dengan penjualan 14,7 ribu keping. Sementara MV mereka yang paling populer adalah Bad Girl dengan 5 juta views.

7. Dreamcatcher

(Kprofiles)

Grup supertalented ini debut pada 13 Januari 2017. Album perdana mereka, Nightmare, terjual hanya 3,6 ribu keping. Beruntung karena kerja keras dan mereka emang berbakat banget, album terbaik mereka Dystopia: Road to Utopia terjual sampa 128,5 ribu keping. Lagu mereka yang paling populer sejauh ini adalah Boca.

8. STAYC

(Soompi)


Grup yang sebentar lagi berusia setahun ini debut dengan album Star to a Young Culture, yang terjual 48,4 ribu keping. Pencapaian yang cukup membanggakan. Nama mereka makin bersinar setelah lagu ASAP viral dan ditonton 41 juta kali di YouTube. Tapi perjalanan grup baru ini masih panjang.

9. LUNARSOLAR

(AllKpop)

LUNARSOLAR debut pada 2 September 2020. Album debut mereka, Solar Flare, terjual 4,4 ribu keping. Sejauh ini album terlaris mereka Solar Rise terjual 6,1 ribu keping. Lagu mereka, Oh Ya Ya Ya adalah yang paling populer dengan jumlah views YouTube hanya 2,6 juta.

10. Secret Number

(Soompi)

Kalau orang Indonesia kayaknya udah kenal sama grup yang satu ini, sih. Soalnya ada Dita. Mereka debut pada 19 Mei 2020 dengan album Who Dis yang terjual 6,2 ribu keping. Tapi perjalanan mereka menuju popularitas tak terbatas masih panjang. (*)

Related Articles
Korea
Lagu Apa yang Paling Ingin 'Dicuri' Fans dari Grup Lain?

Entertainment
Merasakan Hidup Mewah ala James Bond dengan Paket Liburan 007 Seharga Rp 1,15 M

Entertainment
7 Lagu Underrated Lauv di Album ‘How I’m Feeling’