Tech

Twitter Izinkan Orang Tanpa Akun Dengarkan Spaces Lewat Link

Jingga Irawan

Posted on November 5th 2021

Credit: Twitter

Twitter meluncurkan fitur bagi pengguna untuk share link Spaces mereka agar orang lain bisa mendengarkan melalui web tanpa masuk ke platform.

Dilansir TechCrunch, Jum’at (5/10), raksasa media sosial itu mengatakan, fungsi baru ini ditujukan untuk pengguna Spaces yang temannya tak menggunakan Twitter tetapi masih ingin mendengarkan di Spaces.

Langkah ini membuat Twitter lebih dikenal banyak orang dan memberi raksasa media sosial tersebut kesempatan untuk menjangkau pengguna baru di luar platformnya. Fungsi baru ini juga memberi Spaces keunggulan dibandingkan pesaing seperti Clubhouse dan Live Audio Rooms Facebook.

Twitter telah memperkenalkan beberapa fitur selama beberapa bulan terakhir untuk Spaces dan mengumpulkan lebih banyak pengguna.

Pekan lalu, perusahaan meluncurkan fitur Spaces Recording untuk penguji di iOS, dan peluncuran globalnya menyusul. Host bisa memilih pengaturan "Spaces Recording" sebelum memulai sesi live-audio. Dan saat sesi berakhir, Spaces yang direkam dapat di-share ke Twitter sehingga pendengar bisa memutarnya kembali kapan saja.

Twitter juga baru-baru ini meluncurkan tes Spaces yang menghadirkan Tab Spaces khusus untuk pengguna Android bersama dengan pembaruan yang menghadirkan undangan DM lebih mudah.

Pesaingnya, Clubhouse, baru-baru ini juga mempermudah pengguna menggunakan platformnya. Clubhouse memperluas fiturnya untuk pengguna yang ingin mendengarkan secara sinkron, termasuk support untuk klip, pemutaran ulang, dan ekspor audio.

Perusahaan juga telah menambahkan fitur untuk 13 bahasa baru, termasuk Prancis, Jerman, Hindi, Indonesia, Italia, Jepang, Kannada, Korea, Melayu, Portugis Brasil, Spanyol, Tamil, dan Telugu.

Live-audio memang semakin populer di tengah Pandemi Covid-19 karena adanya lockdown. Namun, karena pembatasan telah dicabut di banyak negara dan acara tatap muka telah kembali, perusahaan yang menawarkan layanan live-audio sedang berusaha mempertahankan pengguna dengan meluncurkan fitur baru dan membuat percakapan lebih mudah diakses.(*)

 

Related Articles
Tech
Twitter Luncurkan Spaces Spark Program di AS, Kreator Bisa Dapat Gaji

Tech
Twitter Tambahkan Pilihan Sign Up dan Login Pakai Akun Apple atau Google

Tech
Twitter Akan Rilis 3 Fitur Baru, Konten Berbayar sampai Fitur Mirip Clubhouse