Entertainment

Ditawari Jeff Bezos Tur Ruang Angkasa Rp 401 Miliar, Tom Hanks Menolak

Jingga Irawan

Posted on November 4th 2021

Semua orang tentu penasaran seperti apa rasanya pergi ke ruang angkasa. Tapi tak semua bisa berkesempatan melakukannya. Perjalanan ke luar atmosfer bumi tentu akan butuh banyak tenaga dan biaya yang dikeluarkan.

Salah satu aktor kenamaan Hollywood, Tom Hanks, rupanya pernah ditawari oleh miliarder ternama, Jeff Bezos, untuk tur ruang angkasa bersama dengan perusahaan penerbangannya Blue Origin. Eits, tapi perjalanan itu tentu nggak gratis. Tom harus membayar sekitar USD 28 juta (Rp 401 miliar) jika bersedia.

Dalam wawancara baru-baru ini dengan Jimmy Kimmel Live, Tom menyatakan bahwa ia memutuskan untuk menolak perjalanan dengan pesawat terkenal New Shepard tersebut. Pria 65 tahun itu menunjukkan bahwa dia oke saja secara finansial, tapi Rp 401 miliar tampaknya terlalu besar hanya untuk membayar perjalanan 12 menit.

"Aku baik-baik saja, Jimmy, tapi aku tak (akan) membayar 28 juta dolar untuk pergi ke luar angkasa. Ini penerbangan dua belas menit,” katanya.

Sebagai gantinya, Jeff Bezos membawa aktor Star Trek, William Shatner, ke luar angkasa pada 13 Oktober. Perjalanan William memakan waktu sekitar sepuluh hingga dua belas menit dan merupakan momen besar bagi aktor dan penggemar Star Trek di mana pun.

Tom Hanks sebenarnya nggak asing dengan perjalanan ruang angkasa. Pada tahun 1995, Tom membintangi film Apollo 13. Film ini mengikuti peristiwa sebenarnya dari misi luar angkasa Apollo ketiga belas yang membawa bencana, dan hampir merenggut nyawa ketiga anggota kru. Banyak adegan dalam film itu difilmkan dalam jet anti-gravitasi. Artinya, Tom kemungkinan sudah sedikit lebih tahu bagaimana rasanya berada di luar angkasa, tapi dia memilih menolak tawaran Jeff.

Sementara itu, William Shatner telah menjadi orang tertua yang pergi ke luar angkasa. Aktor berusia 90 tahun yang memerankan Kapten James T Kirk dalam Star Trek itu, berangkat dari pangkalan Blue Origin di Texas bersama tiga kru lainnya ke ruang angkasa menuju ketinggian 100 kilometer pada 13 Oktober lalu.(*)

Foto: Tangkapan layar

Artikel Terkait
Tech
Catat Sejarah Baru, Jeff Bezos Sukses Tur Antariksa Bersama Blue Origin

Tech
Blue Origin Siap Catatkan Sejarah Penerbangan Luar Angkasa Sipil Tanpa Pilot

Tech
Pemenang Lelang Tiba-Tiba Tunda Terbang Bersama Blue Origin. Kenapa Ya?