Current Issues

BPOM Izinkan Vaksin Covid-19 Sinovac untuk Anak 6-11 Tahun

Dwiwa

Posted on November 2nd 2021

Seorang petugas kesehatan menyiapkan dosis vaksin Sinovac untuk program vaksinasi massal di Jakarta. (Reuters/Ajeng Dinar Ulfiana)

Vaksin Covid-19 untuk anak-anak berusia 6-11 tahun akhirnya tersedia di Indonesia. Senin (1/11), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan lampu hijau penggunaan vaksin Sinovac untuk kelompok usia tersebut.

Vaksin Sinovac yang mendapatkan izin penggunaan darurat (EUA) di Indonesia ini merupakan vaksin CoronaVac yang diproduksi Sinovac Life Science Co. Ltd Tiongkok dan vaksin Covid-19 produksi PT Bio Farma.

Dilansir Reuters, langkah Indonesia ini menambah daftar negara yang mengizinkan vaksin Covid-19 untuk anak di bawah 12 tahun. Beberapa hari lalu, Amerika Serikat juga telah menyetujui penggunaan vaksin Pfizer-BioNTech untuk anak usia 5-11 tahun.

Kepala BPOM Penny K. Lukito dalam konferensi pers mengatakan bahwa persetujuan ini adalah kabar gembira. Dia mengatakan jika pihaknya yakin vaksinasi anak-anak adalah hal mendesak, terutama saat pembelajaran tatap muka sudah kembali dimulai.

“Hasil uji klinis anak-anak ini tentunya lebih pada aspek keamanan dan aspek imunogenisitasnya. Imunogenisitasnya menunjukkan presentase yang cukup tinggi, 96 persen. Aspek keamanan menunjukkan bahwa vaksin ini aman untuk anak usia 6-11 tahun,” ujar Penny seperti dilansir dari situs Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

Persetujuan ini diberikan dua bulan setelah Indonesia memulai uji coba pembelajaran tatap muka terbatas. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa kasus Covid-19 yang ditemukan di sekolah selama periode ini relatif rendah.

Tetapi secara keseluruhan, data pemerintah menunjukkan jika infeksi pada anak-anak usia 0-18 tahun menyumbang 13 persen dari total kasus.

Sementara itu, juru bicara vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa vaksinasi untuk anak-anak dapat dimulai awal tahun depan. Hal ini dikarenakan masih harus menunggu rekomendasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) serta memastikan jumah vaksin yang lebih banyak.

Vaksin Covid-19 buatan Tiongkok ini juga telah disetujui digunakan di Chili dan Kamboja untuk anak yang lebih muda.

Diharapkan, dalam waktu dekat akan ada lagi vaksin Covid-19 yang dapat digunakan untuk anak usia 6-11 tahun. Sementara untuk pemberian vaksin Covid-19 untuk anak usia di bawah 6 tahun, masih memerlukan evaluasi lebih lanjut. (*)

 

Artikel Terkait
Current Issues
Di Chili, Vaksin Sinovac Bisa Digunakan untuk Anak Usia di Atas 6 Tahun

Current Issues
Amerika Serikat Beri Izin Vaksin Covid-19 Pfizer dan Moderna untuk Anak Balita

Current Issues
Studi: Vaksin Covid-19 Sinovac Aman Digunakan Pada Anak dan Remaja