Tech

Masih Bingung Pakai Location Tracking di iPhone? Begini Caranya...

Jingga Irawan

Posted on November 2nd 2021

Foto: Pixabay

iPhone menggunakan informasi dari layanan seluler, Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS untuk menentukan lokasinya, dan karena kalian selalu membawa ponsel, lokasi kalian juga ikut. Informasi tersebut dapat berguna untuk banyak hal, seperti memberi tahu orang lain di mana kalian berada atau menemukan ponsel saat hilang.

Di sisi lain, ada banyak data yang dikumpulkan oleh layanan dan perusahaan tentang kalian, sehingga bisa menciptakan masalah privasi. Tapi kabar baiknya adalah kalian dapat memperketat kontrol sehingga aplikasi hanya mengakses lokasi kalian saat diperlukan.

Menyetel pengaturan lokasi kalian dapat berbeda, tergantung pada model iPhone yang kalian miliki dan versi iOS yang dijalankannya. Berikut adalah petunjuk untuk iPhone 11 dengan iOS 15 yang dirangkum oleh The Verge. Jika kalian menjalankan versi iOS yang berbeda, seharusnya tak ada banyak perbedaan.

Nonaktifkan Akses Lokasi untuk Aplikasi Khusus

Data lokasi berguna untuk beberapa aplikasi. Misalnya, jika kalian ingin memesan makanan seperti peta atau layanan ride-hailing. Namun, jika aplikasi meminta lokasi kalian dan kalian merasa tak memerlukan hal tersebut, kalian dapat menonaktifkan layanan lokasi untuk aplikasi itu.

-Buka “Settings.”

-Buka “Privacy” > “Location Services.”

"Location Services" kemungkinan besar akan diaktifkan. Kecuali kalian ingin benar-benar menghentikan semua layanan lokasi, biarkan saja

-Gulir ke bawah untuk menemukan daftar semua aplikasi yang mengaktifkan layanan lokasi. Setiap cantuman akan menampilkan nama aplikasi dan jenis izin yang dimilikinya: “Never”, “When Shared”, atau “While Using.” “When Shared” mengacu pada opsi tanya lain waktu atau saat kalian Berbagi. Sementara itu, “While Using” biasanya berarti saat menggunakan aplikasi, tetapi terkadang juga bisa merujuk ke saat menggunakan aplikasi atau widget.

-Jika kalian ingin mengubah akses aplikasi tertentu ke data lokasi kalian, klik daftar aplikasi.

Kalian dapat menyesuaikan layanan lokasi untuk aplikasi tertentu (Credit: The Verge)

Jika kalian mengklik "While Using,” maka aplikasi tersebut akan memiliki akses ke lokasi kalian baik saat dibuka atau saat digunakan di latar belakang.

Untuk lebih banyak cara membatasi akses lokasi, klik "System Services" di bagian bawah layar "Location Services.” Di sini, kalian dapat mengaktifkan akses lokasi untuk beberapa hal, termasuk Wi-Fi, zona waktu, panggilan darurat, iklan Apple News dan App Store yang relevan dengan lokasi kalian.

Di sebelah kiri beberapa tombol on/off, kalian mungkin melihat panah kecil. Panah kosong berarti item tersebut mungkin memiliki akses ke lokasi kalian dalam kondisi tertentu, panah ungu berarti item tersebut baru saja menggunakan lokasi kalian, sedangkan panah abu-abu berarti item tersebut menggunakan lokasi kalian dalam 24 jam terakhir.

Credit: The Verge

Untuk mengecek apakah ponsel kalian masih mengumpulkan data lokasi, gulir ke bagian paling bawah layar "System Services" dan aktifkan "Status Bar Icon." Ini akan menampilkan panah di bagian atas layar kalian saat aplikasi di ponsel kalian mengakses lokasi.

Jika kalian ingin benar-benar tak menggunakanya, kalian dapat menonaktifkan sama sekali layanan lokasi untuk mencegah ponsel kalian mengumpulkan data lokasi:

-Buka “Settings.”

-Buka “Privacy” > “Location Services.”

-Matikan "Location Services."

-Kalian akan mendapatkan pemberitahuan sementara Location Services akan dinonaktifkan untuk semua aplikasi, layanan tersebut akan online sementara jika kalian menggunakan "Find My iPhone" dan melaporkan ponsel kalian hilang. Pilih "Turn Off.”

Jika Kalian Memiliki iPhone 11 atau Lebih Baru  

Jika kalian memiliki ponsel yang dirancang dengan chip U1 Apple, seperti iPhone 11 atau lebih baru, dan telah menonaktifkan layanan lokasi untuk aplikasi tertentu, kalian mungkin terkadang masih melihat panah.

Menurut Apple, ini terjadi karena model terbaru menggunakan teknologi ultra wideband, yang telah Apple diatur, sehingga ponsel menggunakan layanan lokasi untuk menentukan apakah mereka berada di area di mana penggunaan ultra wideband dibatasi.

iPhone meminta data lokasi saat preferensi lokasi diatur berdasarkan aplikasi per aplikasi, jadi mematikan layanan lokasi untuk ponsel kalian secara keseluruhan akan menghentikan permintaan lokasi ini karena ponsel kalian tak akan dapat mengumpulkan data lokasi apa pun.

Share Lokasi ke Orang Lain

Jika kalian berjalan sendirian di malam hari atau berada di taksi sendirian, kalian mungkin ingin teman atau anggota keluarga mengetahui lokasi kalian secara real time. Jika kalian memiliki iOS 13 atau lebih baru, kalian dapat menggunakan Find My App untuk berbagi lokasi kalian dengan keluarga dan teman.

-Buka "Settings.”

-Masuk ke "Privacy,” dan pastikan "Location Services" diaktifkan.

-Kembali ke menu "Setting" utama dan ketuk nama kalian di bagian atas.

-Pilih "Find My.”

-Alihkan "Share My Location" agar aktif.

-Lalu buka “Find My App.” Jika pertama kalinya kalian menggunakan aplikasi, itu akan menanyakan apakah kalian ingin mengakses lokasi kalian. Pilih salah satu dari "Allow While Using App", "Allow Once", atau "Don’t Allow.”

-Kalian mungkin mendapatkan layar yang menjelaskan bahwa “Find My" dapat digunakan dengan AirTag atau untuk AirPods, dan ada juga aplikasi untuk watchOS.

-Pada layar peta yang muncul, pilih "People" di bagian bawah layar.

-Klik tombol yang bertuliskan "Start Sharing Location."

-Di bidang “To:”, ketikkan nomor telepon atau nama teman atau anggota keluarga kalian.

-Jika orang yang kalian pilih tak menggunakan iPhone, kalian akan diberi tahu dengan pop-up. Tetapi, kalian masih dapat membagikan lokasi.

-Ketuk “Send,” lalu pilih “Share for One Hour,” “Share Until End of Day” atau “Share Indifinetly.”

Credit: The Verge

Secara otomatis, itu mulai membagikan lokasi kalian. Untuk mematikannya, klik nama kontak kalian di aplikasi "Find My" di bawah "People", lalu ketuk "Stop Sharing My Location.” Konfirmasikan dengan mengklik tombol "Stop Sharing Location" yang muncul.

Share Melalui Messages

Kalian juga dapat membagikan lokasi melalui Messages:

-Buka percakapan di Messages.

-Ketuk nama kontak dan kemudian klik "Info."

-Ini akan memberi kalian opsi untuk "Share My Location", setelah itu memberi opsi untuk "Share for One Hour", "Share Until End of Day", atau "Share Indefinitely". Klik salah satunya untuk mulai berbagi.

Jika kalian ingin berhenti berbagi, klik "Stop Sharing My Location" di mana "Share My Location" berada. Tombol berlabel "Stop Sharing My Locations" akan muncul, kemudian klik itu.(*)

Related Articles
Tech
Memori Ponsel Penuh? 4 Coba Trik Sederhana Ini Sebelum Memutuskan Beli Baru

Tech
Beta Version Android 11 Diluncurkan 3 Juni 2020, Ini Fitur Terbarunya

Tech
Tak Sertakan Charger di iPhone 12, Pelajar Tiongkok Tuntut Apple