Entertainment

Little Mix Klaim Sudah Coba Mengedukasi Jesy Nelson tentang Blackfishing

Sebelum Jesy keluar dari Little Mix.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on November 1st 2021

(Foto: Instagram @littlemix;@jesynelson)

Little Mix baru-baru ini buka suara tentang kontroversi yang menghampiri mantan personil mereka, Jesy Nelson. Jesy yang baru aja memulai karier solonya menuai pro kontra setelah disebut melakukan blackfising dalam lagu barunya, Boyz.

Blackfishing sendiri adalah tindakan menggelapkan warna kulit daripada warna kulit mereka sebenarnya agar terlihat seberi orang berkulit hitam. Nah, tindakan tersebut menyakiti komunitas berkulit hitam karena sejarah panjang rasisime yang mereka alami karena warna kulit mereka.

Jesy diduga melakukan blackfishing dalam video musuik Boyz yang dirilis pada awal Oktober lalu. Permasalahan Jesy dan blackfishing ini sebenarnya sudah cukup lama mencuat, bahkan sebelum ia keluar dari Little Mix. Girlgroup tersebut juga menyebut bahwa mereka telah berusaha mengedukasi Jesy tentang hal tersebut.

“Kami menghadapinya dengan cara terbaik yang kami pahami dan saling mendukung untuk bisa melewatinya. Kami tak ingin membicarakan atau mengkritisi tentang videonya, tapi satu hal yang ingin kami klarifikasi tentang situasi blackfishing adalah Jesy sudah dihubungi grup dengan cara yang friendly dan edukatif,” ungkap Leigh-Anne dalam wawancara grup tersebut dengan Telegraph.

“Melakukan kapitalisasi pada aspek orang berkulit hitam tanpa merasakan pengalaman yang dirasakan orang berkulit hitam itu adalah tindakan problematik dan menyakiti people of colour,” lanjutnya.

Dalam video musik Boyz, Jesy juga dikecam karena seakan menggambarkan orang-orang berkulit hitam sebagai “bad boys”. “Kami pikir sangat tidak baik-baik aja untuk menggunakan stereotip yang menyakitkan. Banyak banget yang perlu dijelaskan tentang topik itu, sulit untuk dirangkum singkat,” lanjut Leigh-Anne.

Meski Jesy didera kontroversi blackfishing, Little Mix dengan formasi bertiga tetap merasa bahagia, bahkan akan merilis album kompilasi bertajuk Between Us pada 12 November mendatang. “Kami tak terlalu ingin memikirkannya karena kami punya banyak hal yang bisa kami rayakan bertiga,” ungkap Jade. Sudah kayak lirik lagu Heartbreak Anthem nih, “I don't care what happened / But I ain't got no time to dwell on it.” (*)

 

Related Articles
Entertainment
Semua Personil Little Mix Kini Unfollow Jesy Nelson, Fans Gak Begitu Heran

Entertainment
Jesy Nelson Kode-Kode Akan Liris Lagu Solo, Kolaborasi Bareng Nicki Minaj!

Entertainment
Little Mix Kode-Kode Akan Rilis Lagu ‘Cut You Off’, Diduga tentang Jesy Nelson