Tech

Jaringan 4G WiFi vs Internet Data Seluler, Mana yang Lebih Kencang di Indonesia?

Dwiwa

Posted on October 30th 2021

Meski jaringan 5G sudah mulai masuk Indonesia, tetapi sebagian besar masyarakat saat ini masih menggunakan jaringan 4G untuk memenuhi kebutuhan internet mereka. Mifi, WiFi, dan data seluler menjadi andalan untuk bisa menikmati jaringan internet. Tapi di antara ketiganya, mana sih yang memberikan kecepatan internet paling kencang?

Dilansir dari Antara, riset yang dilakukan oleh OpenSignal memperlihatkan jika data seluler memiliki kecepatan download atau unduh lebih cepat dari Mifi (hotspot portabel) dan WiFi. Secara nasional, rata-rata kecepatan 4G dengan data seluler sebesar 15,1 MB per detik.

Jika dibandingkan dengan WiFi, data seluler ini memiliki kecepatan 25 persen lebih kencang dan dua kali lebih cepat dari Mifi. Menurut responden OpenSignal, menggunakan WiFi privat maupun publik tidak berbeda jauh. Kecepatannya berkisar di atas 12 MB per detik. Sedangkan untuk Mifi hanya memiliki kecepatan rata-rata 6,8 MB per detik (biasanya digunakan untuk lebih dari satu perangkat).

Tidak hanya secara nasional, kecepatan donwload data seluler juga lebih kencang dari WiFI dan Mifi secara regional. Di Papua Barat, pengguna merasakan interner seluler lebih kencang 58 persen dibanding WiFi. Sedangkan di Kalimantan Timur dan Jawa Timur merasa lebih kencang 53 persen dan 51 persen.

Kecepatan internet data seluler juga jauh lebih kencang dibanding WiFi di sejumlah wilayah Indonesia lainnya. Misalnya di Sulawesi yang lebih kencang 39 persen, Kepulauan Sunda Kecil 34 persen, Yogyakarta 32 persen, Jawa Tengah 32 persen, Maluku 29 persen, dan Sumatera 28 persen.

Sementara untuk di Jakarta perbedaannya hanya 4 persen. Sementara di Banten 6 persen dan Jawa Barat 10 persen.

Secara nasional, kecepatan unduh untuk jaringan 3G sudah berkurang menjadi 4,9 MB per detik. Sekitar 92 persen waktu pengguna internet di Indonesia dihabiskan untuk terhubung dengan data 4G sedangkan 96,3 persen dengan data 3G dan 4G.

Nah kalau di tempat kalian gimana nih guys, mana yang lebih cepat? (*)

Related Articles
Tech
Penasaran Seberapa Cepat Internet di Rumah? Coba Gunakan Tes Kecepatan Ini

Tech
Pengguna Internet Indonesia Capai 176 Juta, tapi Penyebarannya Masih Tak Merata

Tech
Twitter Akui Data Pengguna Akun Bisnis Mereka Kemungkinan "Bocor"