Interest

Menjelang Halloween, Sekolah di AS Larang Siswa Pakai Kostum ‘Squid Game’

Jingga Irawan

Posted on October 29th 2021

Credit: Netflix

Squid Game memang fenomenal. Kepopulerannya lintas batas usia. Meskipun mengangkat aneka permainan tradisional, namun banyak sekali adegan kekerasan yang ada di dalamnya. Karena itu, beberapa sekolah di Amerika Serikat khawatir tampilan kekerasan acara tersebut mempengaruhi siswa mereka.

Dilansir Collider, Jum’at (29/10), Distrik Sekolah Fayetteville-Manlius dekat Syracuse, New York mengeluarkan peringatan kepada wali siswa tentang acara dan kostum yang mungkin ingin dikenakan anak-anak mereka pada perayaan Halloween ini.

“Staf guru baru-baru ini mencatat bahwa beberapa siswa saat istirahat telah meniru permainan dari Squid Game...” kata Inspektur Dr. Craig Tice, dalam sebuah pernyataan kepada keluarga.

“Karena kegiatan ini, kepala sekolah kami ingin memastikan keluarga sadar bahwa tidak pantas bagi siswa mana pun untuk mengenakan kostum Halloween dari pertunjukan ini ke sekolah karena potensi pesan kekerasan yang selaras dengan kostum tersebut.”

Pernyataan serupa juga telah digaungkan di distrik sekolah lain di seluruh Amerika Serikat. Bay District Schools, yang berkantor pusat di Panama City, Florida, menerbitkan pernyataan pada 13 Oktober tentang rekreasi permainan mematikan di sekolah mereka.

Dalam postingan tersebut, mereka mengatakan bahwa beberapa anak mencoba untuk meniru adegan pertunjukan di sekolah tetapi apa yang dianggap tidak berbahaya sebenarnya justru berbahaya, karena permainan di acara televisi melakukan 'eliminasi' (dengan kematian) dan kami melihat anak-anak mencoba untuk benar-benar saling menyakiti atas nama 'permainan' ini. 

Meskipun larangan kostum dan permainan ini terus berlanjut, tampaknya  itu nggak menghentikan fenomena Squid Game. Deadline melaporkan bahwa istilah "kostum Squid Game" muncul sebagai salah satu dari sepuluh penampilan terpopuler Halloween di Instagram tahun ini, dengan lebih dari dua ribu tagar dan terus bertambah.

Netflix baru-baru ini memberikan tanggapannya terhadap larangan kostum di distrik sekolah. Ketika ditanya tentang larangan tersebut kepada orang tua dari wawancara dengan Deadline, perusahaan menjawab bahwa Squid Game diberi peringkat TV-MA sebagai tontonan untuk orang dewasa. Sehingga, perusahaan berharap orang tua mampu memberikan kontrol terhadap anak mereka. (*)

 

 

Related Articles
Entertainment
Jadi Favorit, Kostum Halloween “Squid Game” Laris Manis

Entertainment
‘Squid Game’ Jadi Serial Korea Pertama yang Duduki Puncak Netflix AS

Korea
Sutradara Squid Game Sebut Season 2 Bakal Fokus Membongkar Misteri Organisasi