Esports

Gandeng PSSI dan LIB, IFeL Resmi Bergulir 30 Oktober

Dika Afandi N

Posted on October 28th 2021

Foto: IFeL 

KOMPETISI Indonesian Football e-League (IFeL) akan resmi bergulir mulai Sabtu (30/10). Kali ini IFeL akan menggandeng Oxtrade sebagai sponsor utama. Nama liga pun akan berubah, Oxtrade IFeLeague 1.

Status IFeL kini sudah resmi. Mereka ditunjuk PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (operator sepak bola) untuk menjadi operator kompetisi sepak bola virtual di Indonesia.

CEO IFeL Putra Sutopo menegaskan bahwa saat ini IFeL akan lebih baik daripada musim sebelumnya. Sebab, IFeL secara resmi telah menjalin kerja sama dengan PSSI dan PT LIB.

Selain itu, prize pool musim ini akan naik lima kali lipat daripada musim sebelumnya. Yakni, Rp 250 juta dari sebelumnya Rp 50 juta.

”Tahun ini persiapan kami lebih baik lagi. Kami telah resmi bekerja sama dengan PSSI dan PT LIB. Secara kualitas liga, juga ada peningkatan hadiah. Itu menunjukkan komitmen kami memajukan sepak bola virtual,” tegas Putra Sutopo dalam konferensi pers.

Selain itu, dengan hadirnya Oxtrade sebagai sponsor utama, diharapkan bisa memajukan liga sepak bola virtual Indonesia agar lebih baik musim sebelumnya. "Saya berharap dengan kolaborasi ini seluruh pihak memiliki tujuan yang sama, yakni memajukan liga sepak bola virtual Indonesia yang lebih baik," tegas Wasekjen PSSI Maike Ira Puspita.

Rencananya, Oxtrade IFeLeague 1 diikuti 12 tim Liga 1. Mereka adalah PSS Sleman (Rizky Faidan), Arema FC (Ferry Gumilang), PSIS Semarang (Muhammad Abdul Aziz), Persita Tangerang (Elul Wibowo), Barito Putera (Rommy Hadiwijaya), Persik Kediri (Eky Ramdhan), Madura United (Adyatma Priyadi), Borneo FC (Elga Cahya Putra), Bhayangkara FC (Puspamba Ibrahim), Bali United (Rizal Danyarta), Persela Lamongan (Sakti Sulitsyo), dan Persiraja (Akbra Paudjie).

Sayang, masih ada enam tim yang tidak ikut. Semuanya juga tim besar. Yakni, Persija, Persib, Persebaya, PSM, Persikabo, dan Persipura. Dengan tidak adanya tim-tim itu, berarti tak akan beberapa laga el clasico di IFeL. Misalnya, Persija vs Persib, Persebaya vs PSM, dan Persebaya vs Persija.

Format yang digunakan Oxtrade IFeLeague 1 masih sama dengan musim sebelumnya. Seluruh tim akan berlaga di fase regular season. Delapan tim teratas akan berlaga di fase knockout dengan sistem double elimination. (*)

Related Articles
Esports
Laga "Derby" Indonesia Warnai Pekan Keempat Thai e-League Pro 2021

Esports
Dominasi Pemain Indonesia di Liga PES Thailand

Esports
Thai e-League Pro 2021: Police Tero FC Turunkan 3 Pemain Indonesia