Current Issues

Vaksinasi Anak 5-11 Tahun Diharapkan Mulai Awal 2022, Vaksin Ini Jadi Kandidat

Dwiwa

Posted on October 27th 2021

Salah satu upaya pemerintah untuk mengatasi pandemi Covid-19 adalah mempercepat vaksinasi. Tidak hanya menambah jumlah dosis yang disuntikkan dalam sehari, pemerintah juga berupaya untuk memperluas kelompok target vaksinasi, termasuk pada anak usia 5-11 tahun.

Menteri Budi Gunadi Sadikin dalam siaran pers di kanal YouTube Perekonomian RI pada Selasa mengungkap jika pihaknya menargetkan vaksin Covid-19 untuk anak usia 5-11 tahun dapat dimulai awal 2022. Diharapkan pada saat itu, uji klinis untuk vaksin yang menjadi kandidat sudah selesai.

“Sudah ada tiga vaksin yang melakukan uji klinis, yaitu Sinovac, Sinopharm, dan Pfizer. Dan diharapkan sampai dengan akhir tahun bisa keluar ketiganya untuk emergency use authorization-nya (EUA),” ujar Budi.

Menkes menjelaskan jika saat ini pihaknya bekerja sama dengan Badan Pengawas Obat Makanan (BPOM) sedang mengawal proses percepatan izin EUA vaksin Covid-19 untuk anak usia 5 hingga 11 tahun. Diharapkan ini bisa sesegera mungkin setelah di negara asalnya, ketiga vaksin tersebut bisa digunakan untuk kelompok usia tersebut.

Hingga saat ini, vaksin Covid-19 yang beredar di Indonesia baru boleh digunakan untuk anak usia 12 tahun ke atas. Itu pun hanya jenis tertentu, seperti Sinovac. Sedangkan yang berusia lebih muda, belum diperbolehkan untuk mendapat suntikan vaksin.

Sementara itu, vaksin Pfizer baru saja mendapatkan restu terkait penggunaan vaksin Covid-19 mereka untuk anak usia 5 hingga 11 dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA). FDA mengatakan jika manfaat pemberian vaksin ini lebih besar dibanding risiko yang ditimbulkan. Hanya tinggal menunggu keputusan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) sebelum vaksin ini benar-benar dapat digunakan pada kelompok usia tersebut secara luas di Amerika Serikat.(*)

Related Articles
Current Issues
Ini Alasan Mengapa Kamu Tak Perlu Pilih-Pilih Jenis Vaksin Covid-19

Current Issues
Pemerintah Pastikan Vaksin Covid-19 yang Digunakan Aman dan Bermanfaat

Current Issues
Perlu Nggak sih Pake Masker Kalau Sudah Divaksin Covid-19?