Lifestyle

5 Tips Biar Hubungan Bisa Langgeng, Perhatikan Red Flags yang Harus Dihindari

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 27th 2021


(Foto: jcomp/Freepik)

Buat kalian yang sudah in relationship, pastinya ingin hubungan kalian langgeng dong. Meski banyak tantangannya, tapi memiliki hubungan yang sehat dan awet itu bukan hal yang mustahil kok. Nih, simak beberapa tips biar hubungan langgeng lengkap dengan beberapa red flags (peringatan) yang harus dihindari dalam hubungan.

Saling percaya

Terdengar klise, tapi memang ini dasar sebuah hubungan. Menurut Profesor Preston Ni seperti yang dilansir dari Psychology Today, kepercayaan memberikan sebuah hubungan itu rasa aman yang penting banget untuk hubungan jangka panjang.

Red flags: terlalu mudah mengumbar janji dan tidak menepatinya, tidak mengikuti persetujuan yang telah disepakati bersama.

Respect yang setara

Menghormati orang lain bukan hanya perlu dilakukan ke orang yang lebih tua. Sama pasangan juga. Respect dapat terlihat dari cara berkomunikasi. Kalau salah satu sisi nggak dihormati, gimana caranya hubungan bisa berjalan baik kan?

Red flags: selalu mengkritik, menggunakan sarkasme di waktu yang tidak tepat, penghinaan, mudah menghakimi.

Hargai batasan yang diterapkan

Setiap orang punya batasan masing-masing yang harus dihargai. Jika seseorang menghargai batasan yang kita terapkan, pastinya kita akan merasa dimengerti. Batasan ini dikomunikasikan dengan jelas, bukan tiba-tiba membatasi kalau ada masalah ya. Misalnya ada yang kurang nyaman ditelepon di atas jam 9, ya jangan dilakukan.

Red flags: melanggar batasan dengan dasar “punya hak sebagai pasangan”, berusaha mengubah batasan demi kepentingan diri sendiri.

Mendukung di segala waktu

Jelas banget peran pasangan seharusnya memberi dukungan di saat-saat penting. Kalau dukungan ini absen tanpa alasan yang jelas, perlu dipertanyakan tuh kesehatan hubungannya. Memberi dukungan pada partner tentu akan membantu mereka melewati masa sulit. Ini memang jadi tantangan tersendiri buat relationship.

Red flags: menghilang saat diperlukan, menganggap remeh permasalahan yang kita rasakan, dukungan yang diberikan tak bermakna signifikan.

Punya waktu sendiri

Nggak selamanya menjalin hubungan berarti harus 24/7 bersama si pasangan dong. Dilansir dari Healthline, memang perlu menghabiskan waktu bersama, tetapi penuhi juga kebutuhan waktu menjadi diri sendiri. Kita semua butuh menyelesaikan studi, menjalani hobi, menghabiskan waktu dengan keluarga, dan lain-lain. Hubungan yang sehat gak langsung kacau kalau ditinggal me time sejenak kok.

Red flag: posesif dan mudah curiga saat kita melakukan sesuatu sendiri

Nah, itu dia sederet tips dan red flags yang penting dalam hubungan. Kalau si doi banyak banget red flags-nya… coba evaluasi hubungan kalian deh.(*)

Related Articles
Lifestyle
Tujuh Kesalahan Fatal yang Bisa Bikin Hubungan Rusak dan Sulit Diperbaiki

Lifestyle
Kenapa Silent Treatment Lebih Menyakitkan dari Bertengkar Hebat sama Pasangan?

Lifestyle
17 Kalimat Andalan Pasangan Toxic Ini Bisa Menghancurkan Hubungan