Tech

Amazon Garap App Pesaing Clubhouse, Pengguna Bisa Jadi DJ!

Jingga Irawan

Posted on October 27th 2021

Credit: TechCrunch

Amazon menjadi perusahaan selanjutnya yang masuk dalam bisnis aplikasi live-audio. Dilansir TechCrunch, Rabu (27/10), perusahaan sedang mengerjakan aplikasi live-audio yang memberikan kesempatan siapa pun menjadi DJ seperti di acara radio sendiri, termasuk musik. Disebut Project Mic, aplikasi itu nantinya bakal fokus ke pasar AS, tapi belum jelas kapan akan diperluas.

Kreator bisa memutar lagu dari jajaran Amazon Music. Selain musik, program lainnya juga mencakup budaya pop, olahraga, dan komedi. Perusahaan juga sedang berusaha membawa selebriti atau influencer buat jadi host acara di aplikasi itu. Nantinya, kalian bisa mencari acara berdasarkan nama, topik, atau musik. Aplikasi itu juga diberi fitur untuk menyoroti konten atau topik yang sedang tren.

Selain aplikasi, kreator juga bisa menyiarkan acara di Amazon Music, Twitch, Audible, dan perangkat yang mendukung Alexa. Dan yang terakhir, audiens bisa berinteraksi dengan acara yang sedang berlangsung, bahkan dari mobil. Sampai sini jelas bahwa tujuan Amazon adalah menghidupkan kembali era  radio. Tetapi belum diketahui apakah audiens perlu menjadi pelanggan Amazon Music.

Dengan aplikasi ini, Amazon telah bergabung dengan persaingan live-audio bareng Apple, Spotify, dan  Sonos. Semua perusahaan ini bekerja dengan kurator musik untuk menyelenggarakan acara dan mencoba meniru pengalaman radio secara digital.

Clubhouse sebelumnya telah mempopulerkan gagasan live-audio, tetapi belum menemukan cara untuk mengizinkan penggunanya memutar musik dari artis besar di aplikasi. Clubhouse juga lebih fokus untuk menjadi jejaring sosial dalam pembahasan isu tertentu, bukan tempat untuk memenuhi semua kebutuhan audio, terutama yang berkaitan dengan musik.(*)

Related Articles
Tech
Demi Obrolan Lebih Nyata, Clubhouse Tambah Fitur Audio Spasial

Tech
Mengenal Clubhouse, Aplikasi Social Media "Eksklusif"yang Viral karena Elon Musk

Tech
Tiongkok Perintahkan Perusahaan Teknologi Agar Tidak Saling Blokir Tautan