Current Issues

Menkes Upayakan Obat Covid-19 Molnupiravir Tiba Akhir Tahun

Dwiwa

Posted on October 26th 2021

Ada banyak upaya yang dilakukan Indonesia untuk mengatasi pandemi Covid-19. Terbaru, Menteri Kesehatan mengungkap jika saat ini sedang "menyelesaikan" kesepakatan dengan Merck & Co (MRK.N) untuk pengadaan pil antivirus eksperimental, molnupiravir, untuk mengobati penyakit COVID-19.

Dilansir Reuters, hasil dari uji klinis besar bulan ini menunjukkan bahwa pil yang dibuat bersama Ridgeback Biotherapeutics tersebut  mengurangi rawat inap dan kematian hingga 50%. Merck telah meminta izin penggunaan darurat dari Amerika Serikat awal bulan ini.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pada konferensi pers bahwa kesepakatan tersebut sedang diselesaikan sehingga pengiriman pertama molnupiravir dapat dilakukan pada akhir tahun. Hal itu dilakukan setelah kunjungan ke perusahaan tersebut di Amerika Serikat.

“Sehingga kami memiliki stok yang cukup untuk menahan potensi gelombang berikutnya,” katanya. Selain itu, dia menambahkan bahwa Indonesia dan Merck sedang dalam pembicaraan untuk membangun pabrik produksi di Indonesia untuk memproduksi bahan baku.

Budi tidak menyebutkan berapa pil yang dibeli. Sedangkan Merck tidak segera menanggapi permintaan komentar. Sementara itu, beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura menandatangani kesepakatan pasokan obat dengan Merck.

Indonesia adalah episentrum COVID-19 di Asia pada bulan Juli, sebagian besar didorong oleh varian Delta yang ganas. Tetapi beberapa minggu terakhir, kasus dan kematian sebagian besar telah menurun.

Pemerintah pada Senin mengatakan jika mereka mengkhawatirkan adanya lonjakan infeksi potensial yang dibawa oleh liburan Natal mendatang. Pemerintah pun terus menggalakkan aturan soal protokol kesehatan pada masyarakat, fokus pada pencegahan melalui gerakan 3T (testing, tracing, treatment) serta percepatan vaksinasi untuk mencegah terjadinya gelombang ketiga. (*)

 

Artikel Terkait
Current Issues
Molnupiravir Dapat Izin BPOM, Bagaimana Efektivitasnya Melawan Omicron?

Current Issues
Ada 4 Obat untuk Terapi Covid-19 yang Sudah Dapat EUA Dari BPOM

Current Issues
Studi: Pil Covid-19 Molnupiravir Efektif Lawan Berbagai Varian