Tech

Facebook Bakal Habiskan Dana Rp 142 Triliun Untuk Divisi Metaverse

Jingga Irawan

Posted on October 26th 2021

Raksasa teknologi asal AS, Facebook, tampaknya semakin serius menyelami metaverse. Dilansir The Verge, Selasa (26/10), Facebook berencana untuk menghabiskan setidaknya USD 10 miliar (Rp 141,5 triliun) tahun ini untuk Facebook Reality Labs, divisi metaverse-nya yang bertugas membuat perangkat keras, perangkat lunak, dan konten AR dan VR.

“Kami berkomitmen untuk mewujudkan visi jangka panjang ini dan kami berharap dapat meningkatkan investasi kami untuk beberapa tahun ke depan,” tulis perusahaan dalam rilis. Facebook melihat AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality) sebagai inti dari “generasi berikutnya dari kehidupan sosial online.”

Divisi yang telah membuat headset Oculus Quest dan jajaran perangkat panggilan Portal itu jelas diposisikan sebagai bisnis besar berikutnya untuk Facebook. Pertama, CEO Mark Zuckerberg telah berbicara tentang metaverse nonstop selama beberapa bulan terakhir. Bahkan, Facebook dikabarkan akan rebranding dengan nama baru untuk mendalami bisnisnya dalam metaverse.

Dan hari ini, Facebook mengatakan akan mulai melaporkan pendapatan khusus untuk segmen Reality Labs. Ini adalah tanda bahwa bisnis Reality Labs penting dan harus dinilai secara terpisah dari bagaimana Facebook saat ini.

Seperti yang dijelaskan di artikel Mainmain sebelumnya, metaverse adalah istilah yang luas. Terms ini umumnya mengacu pada lingkungan dunia maya bersama yang dapat diakses orang melalui internet. Istilah ini juga dapat merujuk ke ruang digital, yang dibuat lebih hidup dengan penggunaan VR atau AR.

Beberapa orang menggunakan kata metaverse untuk menggambarkan dunia game, di mana pengguna memiliki karakter yang dapat berjalan-jalan dan berinteraksi dengan pemain lain.

Namun, beberapa minggu ini adalah waktu bisnis yang sulit untuk Facebook. The Wall Street Journal menerbitkan bocornya laporan terhadap langkah perusahaan terkait kesehatan mental pengguna remaja. Tak sampai di situ, puluhan pemberitaan diterbitkan oleh berbagai outlet berita mencakup lebih banyak masalah Facebook.(*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Tech
Google Bikin Headset AR, Kabarnya Dirilis pada 2024

Tech
Ubah Citra Perusahaan, Facebook Bakal Rebranding dengan Nama Baru

Tech
Mengapa Avatar Tak Punya Kaki dalam Virtual Reality atau Metaverse?