Current Issues

Barack Obama Puji Upaya Anak Muda Mengatasi Perubahan Iklim dalam ‘Dear Earth’

Jingga Irawan

Posted on October 24th 2021

Mantan Presiden Barack Obama memuji upaya anak muda dalam memerangi perubahan iklim di film YouTube Originals baru berjudul Dear Earth.

Diproduksi oleh Done + Dusted, Strong Brew, dan Silverback Films, tayangan spesial berdurasi 100 menit ini membahas berbagai tantangan panjang yang dihadapi planet Bumi akibat perubahan iklim. Di sisi lain, ini juga menawarkan solusi yang diharapkan para pembuat film bisa menginspirasi perubahan.

"Apa yang membuat saya sangat terkesan adalah kenyataan bahwa kalian tidak menunggu orang-orang yang membawa kita ke dalam kekacauan ini untuk mengikuti kita," kata Obama, menceritakan interaksinya dengan kaum muda melalui karya The Obama Foundation tentang perubahan iklim.

"Kalian melakukannya sendiri, bahkan jika kalian belum cukup umur untuk melakukannya."

Meskipun generasi sebelumnya telah gagal untuk mengatasi masalah ini, Obama yakin bahwa generasi baru tak akan melakukan hal serupa.

"Ketika kamu melihat sejarah, ada begitu banyak gerakan sosial, entah itu gerakan hak sipil atau dekolonisasi di seluruh dunia atau gerakan anti-perang, mereka sering dimulai dan dijunjung oleh kaum muda," jelasnya.

"Kalian tidak melihat itu sebagai suatu hal sederhana dan menganggap itu serius," lanjutnya. "Kalian dapat membayangkan sesuatu yang berbeda dan kalian bersedia bekerja keras untuk mewujudkannya. Itulah yang membuat saya berharap tentang perang melawan perubahan iklim."

Dear Earth menampilkan beberapa dukungan, pertunjukan musik, komedi pendek, dan penampilan khusus lainnya dari beberapa selebriti serta tokoh penting yang sadar akibat krisis iklim. Mereka adalah Billie Eilish, Jaden Smith, BLACKPINK, Lil Dicky, SpongeBob SquarePants, Paus Francis, serta CEO Google dan Alphabet, Sundar pichai.

Dilansir PEOPLE, seorang juru bicara mantan presiden mengatakan bahwa Obama dijadwalkan mengunjungi Glasgow bulan depan untuk Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (COP 26). Kabarnya, dia akan bertemu dengan aktivis muda yang terlibat dalam perjuangan iklim dan menyampaikan pernyataan yang menempatkan ancaman iklim.

Mereka akan membahas kemajuan penting sejak Perjanjian Iklim Paris pertama kali disepakati lima tahun lalu dan kepemimpinan kaum muda dari seluruh dunia berkembang. Mantan presiden juga akan mendorong "tindakan yang lebih kuat" untuk semua lapisan masyarakat, mulai dari pemerintah, sektor swasta hingga masyarakat sipil. Dear Earth bisa di-streaming di YouTube mulai hari Sabtu (23/10) waktu AS.(*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Entertainment
BLACKPINK hingga Billie Eilish Akan Muncul dalam YouTube Original ‘Dear Earth’

Interest
Rose BLACKPINK dan Billie Eilish Muncul di Trailer YouTube Original ‘Dear Earth’

Interest
BLACKPINK Bicara Soal Perubahan Iklim dalam Video 'Dear Earth'