Lifestyle

Hobi Begadang? Awas Risiko Diabetes Tipe 2 Bisa Naik Hingga 58 Persen

Dwiwa

Posted on October 22nd 2021

 

Ada kabar buruk nih buat kalian yang hobi begadang tiap malam. Pasalnya, selain membuat kalian mengantuk saat siang hari, ternyata ada risiko kesehatan serius bagi orang-orang yang kurang tidur. Sebuah studi bahkan mengungkap jika kurang tidur secara signifikan meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Dilansir dari Eat This, Not That!, studi yang dipublikasikan di jurnal Nature and Science of Sleep  melakukan studi pada 84.404 orang dewasa yang riwayat kesehatannya di UK Biobank.

Hasilnya, mereka yang biasanya tidur kurangd ari lima jam permalam berisiko 58 persen lebih tinggi terkena diabetes lima hingga tujuh tahun kemudian dibanding mereka yang secara rutin tidur tujuh hingga delapan jam setiap malam.

Tidak hanya risiko diabetes, risiko mengalami obesitas juga meningkat pada orang yang kurang tidur. Penelitian yang sama menemukan jika subyek yang secara teratur hanya tidur lima jam di malam hari, 48 persen lebih mungkin mengalami obesitas dalam lima sampai tujuh tahun kemudian dibanding yang rutin tidur tujuh hingga delapan jam.

Hal buruk lain yang disebabkan kurang tidur bahkan mungkin memiliki peran utama dalam kesehatan mental kita. Studi Nature and Science of Sleep menemukan bahwa individu yang secara teratur tidur lima jam atau lebih sedikit di malam hari, memiliki risiko 44 persen lebih tinggi terkena gangguan mental organik dan gangguan mood dalam lima hingga tujuh tahun berikutnya dibanding orang yang beristirahat lebih baik.

Tetapi, jangan pikir jika tidur terlalu lama berarti baik untuk kesehatan loh. Sebuah studi pada 2003 yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine menemukan bahwa orang yang tidur lebih dari sembilan jam semalam memiliki risiko lebih besar terkena penyakit jantung koroner.

Waduh, ternyata kurang tidur maupun kebanyakan tidur efeknya sama-sama buruk ya guys. Jadi, mumpung masih muda, mulai sekarang kurang-kurangi deh begadang, apalagi jika hanya untuk bermain game atau maraton drama. (*)

 

Artikel Terkait
Lifestyle
Suka Sakit Kepala Habis Bangun Tidur? Perhatikan Kamu Tidur Seberapa Lama

Lifestyle
Mata Berkantung Karena Hobi Begadang? Ini Alasan Lain di Baliknya

Lifestyle
Hati-Hati Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Diabetes, Termasuk pada Remaja!