Esports

Ini Alasan Playoff MPL ID Gunakan Format BO5

Dika Afandi N

Posted on October 21st 2021

MPL Indonesia

Beberapa waktu lalu, MPL Indonesia mengumumkan mengubah format playoff MPL Indonesia Season 8. Sejak play-ins, tim-tim akan langsung bermain Best of Five (BO5). Ini akan membuat konsistensi para pemain diuji. Selain itu, inovasi gameplay akan menjadi strategi jitu untuk merengkuh kemenangan.

Unggul dengan skor 2-0 saja belum tentu bisa memetik kemenangan. sebab, skor bisa dibalikkan menjadi 3-2 bila menggunakan format Best of Five (BO5). Hal ini tentu bisa saja menjadi kesempatan bagi tim-tim yang tidak diunggulkan untuk merebut kemenangan, dengan catatan mereka memiliki strategi gameplay banyak.

Karena lamanya pertandingan yang disajikan, pihak MPL Indonesia akhirnya memutuskan menggelar playoff MPL Indonesia Season 8 menjadi 4 hari. Terhitung mulai tanggal 21 Oktober hingga 24 Oktober. Hal ini akan menjadi tantangan juga bagi para pemain. Sebab, mereka akan dituntut menjaga stamina karena playoff digelar lebih lama dibandingkan season sebelumnya.

General Manager PR Moonton Indonesia, Azwin mengungkapkan diubahnya sistem playoff yang awalnya menggunakan Best of Three (BO3) kini menjadi Best of Five (BO5).

“Kami melihat dari animo masyarakat, audiens kami yang dari season 1 sampai 8, antusiasme dan achievement peak concurrent viewers selalu naik,” ungkapnya.

Tak bisa dipungkiri bahwa setiap season MPL Indonesia selalu mengalami kenaikan dalam hal antusiasme dan peak view. Terlebih lagi bila ada terjadi drama di gelaran tersebut.

“Penonton MPL semakin antusias bila melihat tim dan pemain idola mereka. Dari situ kami melihat liga ini semakin kompetitif dan bagaimana caranya kami membuat hype-nya lebih besar dan ini salah satu caranya,” tutup Azwin.

Selain itu perubahan lain adalah playoff MPL ID Season 8 dihelat secara offline di tempat yang tak biasa, yakni Bali. Tentunya ini menjadi sorotan. Tim-tim yang punya mental offline akan sangat senang. Tak kaget jika Moonton memberikan waktu lebih bagi para pemain untuk liburan sebelum digelarnya playoff. Mereka sudah datang ke Bali sejak tanggal 16 Oktober lalu.(*)

Artikel Terkait
Esports
4 Pemain Veteran yang Kembali di ML ID Season 8

Esports
Sang Raja Langit Menjadi Raja di MPL ID Season 8

Esports
“Butsss” Sabet MVP Regular Season MPL ID Season 8