Tech

Aplikasi Android Sudah Tersedia untuk Windows 11 di Beta Channel

Jingga Irawan

Posted on October 21st 2021

Credit: Microsoft via The Verge

Setelah Windows Subsystem for Android terlihat di situs web Microsoft, perusahaan secara resmi mengumumkan bahwa aplikasi Android sekarang tersedia di Windows 11 jika kalian adalah pengguna Windows Insider. Akan tetapi, kalian harus terdaftar di Beta Channel agar bisa mengakses pratinjau awal untuk aplikasi Android di Windows 11.

Dilansir XDA Developers, Kamis (21/10), Microsoft mengatakan ingin menguji fitur ini terlebih dahulu pada versi Windows 11. Hal ini menunjukkan bahwa fitur tersebut akan rilis secara terpisah dari pembaruan fitur biasa ketika diluncurkan ke masyarakat umum.

Jika kalian ingin mencoba aplikasi Android di Windows 11, kalian memerlukan beberapa persyaratan sistem lagi selain persyaratan dasar untuk Windows 11.

Menurut persyaratan fitur Windows 11 yang diposting oleh Microsoft, kalian memerlukan PC setidaknya 8GB RAM, drive SSD, dan prosesor Intel Core i3, AMD Ryzen 3000, atau Qualcomm Snapdragon 8c generasi ke-8 atau lebih tinggi. Ini bukan persyaratan dasar untuk menjalankan Windows 11, tetapi kalian harus memenuhinya untuk bisa mengakses aplikasi Android.

Persyaratan lain adalah wilayah PC kalian harus diatur ke Amerika Serikat. Dan untuk mengakses Amazon Appstore, kalian juga memerlukan akun Amazon yang berbasis di AS, setidaknya syarat itu berlaku untuk saat ini.

Selain itu, kalian juga perlu mengaktifkan virtualisasi di BIOS/UEFI PC milik kalian, dan menjadi bagian dari Windows Insider Beta. Microsoft seharusnya menyertakan tautan untuk mulai menyiapkan dukungan aplikasi Android, tetapi belum aktif.

Namun, yang perlu kalian lakukan hanyalah mengunduh Windows Subsytem for Android dari Microsoft Store. Kemudian, kalian akan melihat Amazon Appstore muncul di menu Start. Setelah kalian menginstal Amazon Appstore dari Microsoft Store, kalian akan secara otomatis mendapatkan Windows Subsystem for Android, fungsinya untuk menjalan aplikasi.

Untuk saat ini, hanya 50 aplikasi dari Amazon Appstore yang akan tersedia, termasuk game seperti Lords Mobile, aplikasi Kindle, dan konten anak-anak seperti Khan Academy Kids. Lebih banyak aplikasi akan tersedia selama beberapa bulan mendatang. Perusahaan juga belum mengatakan apakah kalian dapat menginstal aplikasi Android dari luar Store dulu.

Pengguna awalnya berharap aplikasi Android diluncurkan bersama Windows 11, tetapi peluncuran penuh telah ditunda tanpa batas waktu. Saat ini banyak orang menduga peluncurannya akan dilakukan  sekitar tahun 2022, tetapi kalian harus menunggu dan melihat bagaimana periode pengujian aplikasi ini berjalan.(*)

Artikel Terkait
Tech
Catat! Microsoft Rilis Windows 11 Resmi Sebagai Free Upgrade 5 Oktober Nanti

Tech
Upgrade Windows 11 Hadir dengan Preview Dukungan Aplikasi Android

Tech
iOS 16 Bisa Otomatis Hindari CAPTCHA di Beberapa Aplikasi dan Situs Web