Tech

Google Pixel 6 & 6 Pro Akhirnya Rilis, Ini Detail Fitur dan Harganya!

Jingga Irawan

Posted on October 21st 2021


Setelah banyak kebocoran, tampilan resmi, dan penantian berbulan-bulan, Google akhirnya meluncurkan seri Pixel terbarunya secara resmi, Pixel 6 dan Pixel 6 Pro. Dilansir The Verge, Rabu (20/10), keduanya adalah ponsel kelas perusahaan yang bisa dipesan mulai hari ini, 19 Oktober, dan akan mulai dikirimkan pada 28 Oktober.

Ada banyak hal yang bisa dibahas untuk model Pixel baru. Pertama, harganya masing-masing dibanderol sekitar USD 599 (Rp 8,4 juta) dan USD 899 (Rp 12,7 juta). Lebih murah dibandingkan dengan iPhone, Samsung, atau bahkan smartphone high-end lainnya. Terutama karena dua perangkat ini memiliki penyimpanan 128GB untuk model dasar. Pixel 6 dapat dilengkapi hingga 256GB, 6 Pro memiliki opsi hingga 512GB.

Hal besar lainnya adalah prosesor baru Pixel, ARM SoC (System on a Chip) yang dirancang khusus oleh  Google, dan disebut sebagai Tensor. Google mengatakan chip-nya kompetitif dengan Snapdragon 888 dari Qualcomm, yang pada dasarnya bisa kalian temukan di setiap ponsel Android kelas atas lainnya.

Ada banyak hal penting dengan prosesor ini. Bagian yang paling utama ada TPU (Unit Pemrosesan Tensor) khusus untuk artificial intelligence yang terpasang langsung ke dalam chip dan banyak jalur pemrosesan utama. Selain itu, ada dua inti aplikasi high-power, dua inti mid-range, empat inti low-power, coprocessor khusus untuk keamanan, inti komputasi pribadi, dan inti pemrosesan gambar. Pixel 6 memasangkan chip baru dengan RAM 8GB, sedangkan 6 Pro memiliki 12GB.

Secara visual, ponsel baru ini berbeda dengan ponsel Pixel sebelumnya. Pixel 6 dan 6 Pro lebih mencolok dan berkilau, dengan bingkai logam yang dipoles (pada 6 Pro) dan bagian belakang kaca yang mengilap (pada keduanya). Google menawarkan setiap ponsel dalam tiga warna berbeda. Tetapi 6 Pro jelas lebih elegan, sedangkan warna Pixel 6 biasa lebih fun.

Fitur yang paling menonjol pada 6 dan 6 Pro adalah rumah kameranya. Ada menyebutnya ledge, ada juga yang menyebutnya shelf. Tetapi, Google tampaknya menyebutnya sebagai "bar.” Itu adalah tonjolan besar yang membentang di seluruh lebar badan smartphone dan melindungi dua kamera (Pixel 6) atau tiga (6 Pro) dan sensor di dalamnya.

Perumahan kamera belakang itu sangat menonjol karena kamera adalah salah satu bagian terpenting dari model-model baru ini. Kedua ponsel memiliki sensor utama 50 megapiksel yang dikodekan dengan keras untuk menghasilkan gambar 12,5 megapiksel. Ini adalah sensor yang jauh lebih besar daripada yang digunakan Google sebelumnya. Google mengatakan kameranya mampu menangkap 150 persen lebih banyak cahaya daripada kamera Pixel 5.

Kamera depan juga berbeda antar model, dengan Pixel 6 mendapatkan bidang pandang 8 megapiksel, 84 derajat dan 6 Pro menggunakan kamera 11,1 megapiksel, 94 derajat. Artinya, kalian bisa memuat lebih banyak orang saat selfie dengan 6 Pro daripada dengan 6.

Beralih ke bagian depan perangkat, Pixel 6 dan 6 Pro memiliki layar OLED yang besar. Layar 6 berukuran 6,4 inci secara diagonal, memiliki resolusi lebar 1080p, dan refresh sebesar 90Hz untuk scrolling yang lebih mulus. Sementara layar 6 pro memiliki 6,7 inci dengan 1440p Selain itu, 6 Pro juga menggunakan teknologi LTPO untuk memvariasikan kecepatan refresh dari serendah 10Hz hingga 120Hz, tergantung pada apa yang pengguna lakukan. Layar kedua ponsel dilapisi kaca Gorilla Glass Victus terbaru dan mendukung HDR.

Keduanya memiliki pengisian daya nirkabel (dan pengisian daya nirkabel terbalik untuk aksesori), peringkat ketahanan cuaca IP68, sensor sidik jari optik dalam layar, speaker stereo, dan dukungan pengisian cepat. Tetapi pembeli tak akan mendapatkan pengisi daya di dalam box.

Kedua ponsel juga mendukung konektivitas 5G, Wi-Fi 6E, dan Bluetooth 5.2. Baterainya untuk kedua model adalah 4614mAh dan 5004mAh. Pixel 6 Pro juga memiliki chip ultrawideband, mirip dengan model iPhone dan Galaxy terbaru. Terakhir, model baru ini juga dikirimkan dengan versi Android terbaru, yakni Android 12. (*)

Foto: Google

Related Articles
Tech
Google Pixel Bisa Rekam & Upload Video Otomatis dalam Keadaan Darurat

Tech
Apple Resmi Rilis Seri iPhone 13 dan Jajaran Produk Lain

Tech
Yuk Intip Desain Google Pixel 6 yang Tak Biasa!