Sport

Mengapa Tak Ada Bendera Merah Putih Berkibar Saat Indonesia Juara Thomas Cup?

Dwiwa

Posted on October 18th 2021

Pemain Indonesia merayakan kemenangan Piala Thomas & Uber di Aarhus, Denmark (17/10/2021). Antara/Claus Fisker/Ritzau Scanpix via Reuters/pri.

Indonesia berhasil meraih medali emas Thomas Cup usai menang telak 3-0 pada partai final melawan Tiongkok. Sayangnya, saat Hendra Setiawan dan rekan-rekannya naik podium, bendera merah putih tidak bisa dikibarkan. Hanya lagu Indonesia Raya saja yang tetap dikumandangkan. Waduh, kenapa bisa begitu ya?

Usut punya usut, ternyata pelarangan ini terkait sanksi yang didapat dari Badan Anti Doping Dunia (WADA). Sanksi itu diperoleh karena Indonesia menjadi salah satu negara yang tidak patuh soal penerapan program uji doping.

Dilansir dari CNN Indonesia, Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) sempat mendapat surat resmi dari WADA tentang ketidakpatuhan pada 15 September. Bersama dengan tujuh negara lain, Indonesia tidak mengirimkan sampel uji doping pada 2020 dan 2021, seperti yang telah ditetapkan pada test doping plan (TDP).

WADA telah memberikan batas waktu hingga 21 hari bagi negara-negara tersebut untuk melakukan klarifikasi. Namun sampai 21 hari berlalu, Indonesia tidak memberi jawaban. Pada 7 Oktober, WADA pun menyatakan Indonesia menjadi salah satu negara yang tidak patuh dalam penerapan program uji doping.

Konsekuensi dari ketidakpatuhan ini ternyata menyebabkan Indonesia mendapat tiga sanksi dari WADA. Sanksi pertama, Indonesia dilarang mengibarkan bendera merah putih di berbagai ajang olahraga selain Olimpiade.

Sanksi kedua, bumi pertiwi juga tidak memenuhi syarat menjadi tuan rumah dalam kejuaraan tingkat regional, kontinental, atau dunia. Dan terakhir, perwakilan Indonesia tidak memenuhi syarat mendapat tempat sebagai anggota dewan di dalam sebuah komite olahraga.

Tidak adanya bendera merah putih berkibar dalam penyerahan piala Thomas Cup 2020 pun menimbulkan beragam reaksi. Para netizen beramai-ramai mengungkapkan kekecewaannya atas kejadian ini. Pasalnya, ini merupakan Piala Thomas pertama yang didapat setelah 19 tahun.

Tidak hanya netizen, sejumlah mantan atlet pun mengungkapkan penyesalan karena merah putih tidak bisa berkibar. Di antaranya adalah Candra Wijaya, mantan pemain ganda putra nasional yang ikut menjuarai Piala Thomas pada 2002 dan Taufik Hidayat.

“Ironis, pada saat merayakan kemenangan Thomas Cup, Merah Putih tidak bisa berkibar, memalukan,” ujar pasangan Tony Gunawan dalam Olimpiade Sydney 2000 tersebut seperti dilansir dari Antara. (*)

 

Related Articles
Sport
Juara BWF World Tour Finals, Hendra/Ahsan Catat Sejarah Hebat

Sport
Susul Butet, Tontowi Ahmad Resmi Pensiun

Sport
Ganda Putra Ahsan/Hendra Juara di All England!