Lifestyle

8 Kegiatan Simpel setelah Bangun Pagi yang Bikin Kita Fokus Seharian

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 17th 2021

(Ilustrasi: pch.vector/Freepik)

Kebanyakan dari kita mungkin bangun pagi setelah menekan snooze alarm sepuluh kali. Sering juga kita terburu-buru bangun karena terlambat atau merasa gak punya motivasi buat melewati hari. Kecemasan dan pesimisme kadang juga bikin kita malas banget beranjak dari tidur.

Buat kamu yang mengalami hal-hal tersebut, perlu nih buat coba beberapa kegiatan simpel habis bangun tidur yang bisa bikin kita fokus seharian. Tips ini dicetuskan oleh Kristen Fuller, seorang dokter yang sering menulis tentang kesehatan mental klinis, seperti yang dilansir dari Psychology Today.

Peregangan

Lakukan peregangan atau stretching setelah bangun tidur. Bisa di yoga mat atau kasur, pokoknya regangkan tubuh sambil menarik nafas dalam dan embuskan. Bisa juga sambil menutup mata la.lu mengulang-ulang kalimat motivasi buat diri sendiri.

Mandi

Jangan jadikan mandi sekadar kewajiban biar nggak bau, tapi manfaatkan juga buat momen memupuk energi. Ambil waktu buat menutup mata dan biarkan alir membersihkan tubuh lalu hirup aroma sabun sambil mendengarkan musik Bayangkan dengan mandi ini kita membersihkan semua rasa kantuk untuk menghadapi hari.

Sapa alam

Sempatkan waktu buat menyapa alam di pagi hari. Entah dengan berjemur selama lima menit, atau bahkan berlari. Semua ini bisa membantu kita mendapatkan energi. Apalagi olahraga dapat meningkatkan hormon endorfin, hormon yang menimbulkan kesenangan.

Dengarkan musik

Siapkan lima menit untuk mendengarkan lagu favorit dari playlist yang sudah disiapkan atau mendengar radio. Musik memang punya kekuatan bikin mood jadi lebih baik. Asalkan musik yang dipilih memang tepat ya!

Nikmati sarapan

Ini nih yang kadang sering dilewatkan begitu aja atau dilakukan terburu-buru. Siapkan lima menit buat menikmati makanan. Sadari bahwa sarapan merupakan makan pertama di satu hari dan menyediakan energi untuk menyelesaikan rentetan kegiatan. Perhatikan bentuk makanan kita, bagaimana aromanya, seberapa enak rasanya, ini semua jadi bagian dari mindful eating.

Tulis target harian

Ambil waktu beberapa menit buat menuliskan target apa aja yang harus kita gapai hari ini. Bisa kegiatan rumah tangga, target personal, hingga target di sekolah. Lalu, lakukan satu kegiatan rumah tangga yang bisa dilakukan. Misal melipat pakaian atau membuang sampah. Ini bakal membantu kita merasa termotivasi karena sudah berhasil melakukan satu target.

Ungkapkan rasa syukur

Ekspresikan rasa syukur atas semua yang sudah kita miliki. Entah itu masih punya makanan buat dimakan, punya teman yang suportif, dan lain-lain. Bersyukur di pagi hari membantu kita tetap berada di masa sekarang dan mengapresiasi waktu.

Hubungi orang terkasih

Coba deh chat orang-orang yang penting buat kamu di pagi hari, pastikan mereka tahu bahwa kita memikirkan mereka. Siapa tahu tindakan itu juga akan berbalik ke kita dan bikin hari lebih cerah~

Nah, itu dia sederet kegiatan simpel yang bisa dilakukan di pagi hari biar bisa fokus seharian. Kalau bisa melakukan semuanya sih bagus, tapi satu kegiatan juga oke kok. Perlahan bisa ditambah kalau sudah terbiasa. Semangat bangun pagi! (*)

 

Related Articles
Lifestyle
Stres dan Gangguan Kecemasan Itu Mirip Tapi Beda, Cek Nih Penjelasannya!

Lifestyle
4 Tanda Kalau Circle Pertemananmu Gak Suportif dan Harus Dihindari

Lifestyle
5 Tips Menghindari Drama Gak Penting dengan Orang Lain