Interest

William Shatner "Star Trek" Jadi Orang Tertua yang ke Luar Angkasa

Dwiwa

Posted on October 14th 2021

Kru NS-18. Dari kiri ke kanan: Dr. Chris Boshuizen, William Shatner, Audrey Powers, dan Glen de Vries. Foto: Blue Origin

Aktor Hollywood William Shatner telah menjadi orang tertua yang pergi ke luar angkasa saat meluncur dengan roket Blue Origin pada Rabu (13/10). Pria 90 tahun yang memerankan Kapten James T Kirk dalam film dan serial TV Star Trek itu, berangkat dari gurun Texas bersama tiga orang lainnya.

Dilansir BBC, perjalanan Shatner dengan roket yang dikembangkan oleh pendiri Amazon Jeff Bezos itu berlangsung sekitar 10 menit. Pesawat mendarat dengan selamat pukul 10:00 waktu setempat.

Mereka naik ke ketinggian maksimum sekitar 100 km. Dari sana, mereka dapat melihat bumi melalui jendela besar kapsul.

“Semua orang di dunia perlu melakukan ini. Ini luar biasa,” ujar aktor Kanada itu kepada Bezos setelah mendarat kembali di bumi. “Apa yang telah kamu berikan kepada saya adalah pengalaman yang paling mendalam. Aku sangat dipenuhi dengan emosi tentang apa yang baru saja terjadi.”

Shatner berada dalam penerbangan itu bersama Audrey Powers, wakil presiden Blue Origin, Chris Boshuizen, yang ikut mendirikan perusahaan pencitraan bumi Planet, dan Glen de Vries, seorang eksekutif di perusahaan perangkat lunak perawatan kesehatan Prancis Dassault Systemes.

Mereka diberi pelatihan selama beberapa hari, meskipun tidak ada hal penting yang harus mereka lakukan selama penerbangan kecuali menikmatinya. Sistem roket dan kapsul, yang dikenal sebagai New Shepard, sepenuhnya otomatis.

Ini merupakan tamasya awak kedua bagi New Shepard. Peluncuran pertama dilakukan pada 20 Juli, membawa Jeff Bezos, saudaranya Mark, remaja Belanda Oliver Daemen, dan penerbang terkenal Wally Funk, yang saat itu menjadi orang tertua yang ke luar angkasa. Tetapi gelar itu sekarang telah diambil alih oleh Shatner.

Wisata luar angkasa telah mengalami kebangkitan akhir-akhir ini. Sejumlah perusahaan ruang angkasa swasta berlomba-lomba mengejar bisnis itu. Hal ini tentu akan membuat harga yang ditawarkan untuk sektor ini menurun.

Selain New Shepard yang diselenggarakan oleh Jeff Bezos, pengusaha Inggris Sir Richard Branson menawarkan tumpangan dengan pesawat roket Virgin Galactic-nya. Tidak ketinggalan Elon Musk dengan kapsul Dragon yang akan mengirim orang ke orbit, untuk mengelilingi bumi selama beberapa hari – seperti yang terjaid pada kru inspirasi yang didanai secara pribadi bulan lalu.

Selain mengundang beberapa orang untuk terbang di New Shepard, Bezos juga menjual kursi lainnya. Sementara Sir Richard Branson menetapkan harga tiket (mulai USD 450 ribu) untuk perjalanan, pendiri Amazon tidak mengungkap berapa biaya yang dibayarkan oleh orang-orang seperti Boshuizen dan de Vries. (*)

 

Related Articles
Tech
Catat Sejarah Baru, Jeff Bezos Sukses Tur Antariksa Bersama Blue Origin

Tech
Pemenang Lelang Tiba-Tiba Tunda Terbang Bersama Blue Origin. Kenapa Ya?

Interest
Blue Origin Bakal Menjual Tiket Piknik ke Luar Angkasa, Ada yang Minat?