Esports

Terlibat Match Fixing, Nexplay Evos dan Omega Esports Dijatuhi Sanksi

Dika Afandi N

Posted on October 14th 2021

Kabar kurang sedap datang dari dua tim yang berlaga Mobile Legends Professional League (MPL) Filipina Season 8. Kedua tim tersebut adalah Nexplay Evos dan Omega Esports yang harus menerima kenyataan terkena hukuman oleh MPL Filipina karena diduga terlibat match fixing.

Di laga pekan ketujuh regular season MPL Filipina Season 8, Nexplay Evos dan Omega Esports terlihat bermain tidak serius. Sebab di match pertama, Nexplay Evos menggunakan 5 flame shoot. Yang otomatis tak ada yang menggunakan retribution sama sekali serta salah satu pemain mereka menggunakan emblem yang tak wajar.

Sementara itu di game kedua, Omega Esports seperti sengaja membiarkan base mereka di push oleh minion dan akhirnya pun harus kalah dari Nexplay Evos. Hal ini tentunya mengundang tanda tanya bahwa kedua tim menginginkan kalah demi mengatur posisi di bracket playoff MPL Filipina Season 8.

Berdasarkan klasemen sementara, Nexplay Evos berada di peringkat ketiga. Sedangkan Omega Esports menduduki posisi keempat. Tim yang kalah akan menghadapi Blacklist International. Sepertinya kedua tim ingin kalah agar bertemu Blacklist International karena jawara MPL Filipina musim lalu tersebut sedang timpang akibat Oheb yang disanksi karena melanggar etika selebrasi.

Tentunya pihak MPL Filipina pun langsung menindak tegas kedua tim demi integritas kompetisi dan perilaku profesional MPL Filipina. Kedua tim dijatuhi denda senilai USD 3 ribu atau sekitar Rp 42 juta. Selain itu, semua pemain yang terlibat match fixing tersebut tidak akan masuk nominasi penghargaan MPL Filipina.

Sementara itu, salah satu pemain dari Nexplay Evos, “Dogie” mendapat sanksi tambahan yakni denda USD 500 atau senilai Rp 7 juta akibat melakukan gestur-gestur yang dilarang saat pertandingan berjalan.

MPL Filipina menegaskan bahwa setiap tim dan pemain terikat dengan peraturan resmi MPL Filipina. Meski begitu, mereka punya tanggung jawab secara pribadi untuk menjaga nilai-nilai integritas dalam berkompetisi. Pihal MPL Filipina akan berusaha keras untuk meningkatkan kualitas MPL Filipina di season 8 agar tim yang bertanding bisa serius menjalankan laga agar penonton tidak kecewa.(*)

Related Articles
Esports
Rekor-Rekor Keren Execration Saat Raih Juara di MSC 2021

Esports
Akuisisi Roster Execration, Omega Esports Siap Mengaum di MPL PH Season 8

Esports
Pengaruh Meta DOTA 2 di Mobile Legends, dari Meta Hingga Professional Player