Tech

Twitter Permudah Pengguna Mengakses Beranda dan Lihat Tweet Terbaru

Jingga Irawan

Posted on October 13th 2021

Credit: Daily Sabah

Pengguna Twitter bakal bisa mengakses twit dengan lebih mudah. Dilansir The Verge, Rabu (13/10), perusahaan sedang menguji coba fitur bagi pengguna di iOS agar mereka lebih mudah menggeser layar untuk melihat feed beranda, yang menunjukkan tweet teratas di timeline, atau tampilan kronologis pada tweet terbaru.

Pembaruan ini mungkin perubahan user Interface (UI) yang relatif kecil, tetapi bisa berguna banget bagi mereka yang ingin memilih dua tampilan mana untuk di-scrolling. Saat ini untuk beralih ke kedua tampilan adalah melalui ikon ‘bintang’ di kanan atas layar. Namun nantinya, cukup dengan menggeser layar, kalian bakal lebih cepat menampilkan secara kronologis tweet terbaru atau Beranda.

Jadi secara teknis, itu bukan hal baru di Twitter. Pengguna dapat mengetuk ikon 'bintang' di bagian atas feed untuk beralih ke daftar tweet terbaru sejak 2018. Saat itu, ikon bintang ditambahkan ke Twitter setelah banyak kekhawatiran karena perusahaan menerapkan algoritma feed dua tahun sebelumnya.

Pengalihan Twitter ke feed algoritma default telah efektif menyajikan tweet berdasarkan keterlibatan keseluruhan, serta perilaku interaktif pribadi pengguna di aplikasi. Tetapi banyak pengguna Twitter melihat feed yang ditentukan oleh algoritma itu tak sesuai dalam menyoroti berita dan pembaruan terkini secara real-time.

Akibatnya, permintaan untuk penghapusan algoritma Twitter terus berlanjut dari waktu ke waktu, meskipun Twitter telah menyediakan opsi untuk beralih ke feed terbaru selama tiga tahun terakhir, pengguna tetap tak dapat menetapkan fitur ‘Latest’ sebagai default.

Langkah untuk mempermudah pengguna mengakses dua tampilan feed tweet ini disambut dengan berbagai komentar positif. Meskipun demikian, tak jelas apakah Twitter berencana untuk meluncurkan uji coba ini secara lebih luas. (*)

 

Related Articles
Tech
Twitter Kenalkan Fitur Pelaporan Baru Terkait Misinformasi Covid-19 dan Pemilu

Tech
Google Desain Ulang ‘Search’, Gunakan Teknologi AI dan Fitur Baru

Tech
Twitter Punya Fitur Baru. Pengguna Bisa Batasi Siapa Saja yang Boleh Reply Tweet