Current Issues

Obat Antibodi AstraZeneca Diklaim Ampuh Sebagai Terapi Pencegahan Covid-19

Dwiwa

Posted on October 12th 2021

AstraZeneca menjadi salah satu perusahaan yang sukses meluncurkan vaksin Covid-19. Dan sekarang, perusahaan ini sedang mengembangkan obat yang diklaim ampuh sebagai terapi pencegahan Covid-19.

Dilansir dari Reuters, hasil uji coba dalam dua pengaturan menunjukkan jika obat antibodi Covid-19 akan memiliki keuntungan nyata dalam mencegah infeksi virus corona dibandingkan dengan penggunaan sebagai pengobatan.

"Saya tidak berpikir pengobatan adalah tempat kita akan bersaing," kata Mene Pangalos, wakil presiden eksekutif untuk R&D bio-farmasi di AstraZeneca. “Jika disetujui, itu akan digunakan dalam pengaturan perawatan juga. Tetapi pembeda sebenarnya untuk antibodi ini adalah dalam pengaturan pencegahan.”

Dalam uji coba tahap akhir, terapi antibodi monoklonal yang disebut dengan AZD7442, dapat mengurangi risiko Covid-19 parah atau kematian hingga 50 persen pada pasien yang tidak dirawat di rumah sakit yang memiliki gejala dalam tujuh hari atau kurang.

Pengurangan risiko bahkan lebih baik pada pasien yang mulai terapi dalam kurun waktu lima hari sejak gejala awal. Obat yang merupakan campuran dari dua antibodi ini diberikan melalui suntikan.

Hasil uji klinis dari AstraZeneca ini menambah daftar kabar baik dari obat Covid-19. Terapi sejenis dengan kelompok obat yang disebut antibodi monoklonal juga telah dikembangkan oleh sejumlah perusahaan farmasi, seperti Regeneron, Eli Lilly, dan GlaxoSmithKline yang bermitra dengan Vir. Terapi ini bahkan sudah disetujui untuk penggunaan darurat di Amerika Serikat untuk merawat Covid-19 ringan hingga sedang.

Sementara itu Merck & Co Inc baru-baru ini juga mengungkapkan hasil uji coba mereka terhadap obat molnupiravir. Obat yang diberikan secara oral itu diklaim efektif melawan berbagai varian virus corona baru yang saat ini sudah diidentifikasi, termasuk varian Delta.(*)

Related Articles
Current Issues
Studi: Pil Covid-19 Molnupiravir Efektif Lawan Berbagai Varian

Current Issues
Inggris Teliti Kombinasi Penggunaan Dosis Dari Dua Vaksin Covid-19 yang Berbeda

Current Issues
Jangan Ragu Vaksinasi! Vaksin Covid-19 AstraZeneca Efektif Lawan Varian Delta