Current Issues

Pengunjung yang Sudah Divaksinasi dari 10 Negara Ini Bebas Karantina di Thailand

Dwiwa

Posted on October 12th 2021

Thailand akan mengakhiri persyaratan karantina Covid-19 bagi wisatawan yang sudah divaksinasi dari 10 negara berisiko rendah mulai 1 November. Hal itu diungkapkan oleh Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha pada Senin saat negara tersebut mencoba menghidupkan kembali ekonominya.

Dilansir dari Reuters, pengunjung dari setidaknya 10 negara termasuk Inggris, Singapura, Jerman, Tiongkok, dan Amerika Serikat akan dibebaskan dari karantina pada saat kedatangan. Prayuth mengatakan jika nantinya akan ada lebih banyak negara yang ditambahkan dalam daftar.

“Saya tahu keputusan ini memiliki beberapa risiko. Hampir pasti kita akan melihat peningkatan sementara kasus serius saat kita melonggarkan pembatasan ini,” ujar Prayuth.

“Kita harus mengawasi situasi dengan sangat hati-hati dan melihat bagaimana menjaga dan hidup dalam situasi tersebut, karena saya tidak berpikir bahwa jutaan orang yang menggantungkan pendapatan mereka dari sektor perjalanan, rekreasi dan hiburan dapat menanggung pukulan lagi dari periode liburan tahun baru kedua yang hilang,” ujarnya.

Tetapi jika ada kemunculan tak terduga dari varian baru yang sangat berbahaya di bulan-bulan mendatang, Thailand akan mengambil tindakan yang sesuai.

Selama ini, persyaratan masuk yang ketat dan tindakan karantina membantu menjaga pandemi Covid-19 di Thailand tetap terkendali sampai beberapa bulan terakhir. Tetapi pembatasan itu telah membuat kedatangan wisatawan turun drastis jika dibandingkan 2019 di mana jumlahnya hampir 40 juta.

Untuk tahun ini, Otoritas Pariwisata Thailand hanya mengharapkan 100.000 pengunjung asing untuk datang. Selain membuka kembali perbatasan, Prayuth mengatakan Thailand juga berencana untuk mengizinkan dimulainya kembali penjualan alkohol di restoran dan membuka tempat hiburan pada 1 Desember.

Sejauh ini, negara yang terletak di Asia Tenggara itu sudah melakukan vaksinasi Covid-19 pada 32,5 persen dari 72 juta orang penduduknya. Pembatasan di Bangkok dan provinsi lain, di mana jumlah infeksi telah menurun, juga telah di longgarkan.(*)

Related Articles
Current Issues
Berniat Piknik Saat Libur Lebaran? Pastikan 4 Hal Ini Agar Aman

Current Issues
Mulai November, Turis Asing yang Divaksin Bisa Masuk Bangkok Tanpa Karantina

Current Issues
Asyik, Thailand Kurangi Waktu Karantina Bagi Pelancong yang Sudah Divaksin