Interest

Dibatasi, Kapasitas Penonton World Superbike di Mandalika Hanya 25.000 Orang

Dwiwa

Posted on October 12th 2021

Foto udara tikungan 17 lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit. Foto: Antara/Ahmad Subaidi

World Superbike (WSBK) akan digelar di Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 19-21 November 2021 mendatang. Meski dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, tetapi kejuaraan balap motor ini ternyata boleh disaksikan secara langsung loh.

Dilansir dari Antara, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkap jika jumlah penonton yang boleh datang menyaksikan berjumlah 25 ribu orang. Itu pun harus memenuhi syarat tertentu.

“Telah diputuskan jumlah penonton 25 ribu dengan syarat dua dosis vaksin (Covid-19) sudah lengkap dan pelaksanaan karantina untuk kru dan tim selama 5 hari,” ujar Menko Airlangga dalam konferensi pers Perkembangan PPKM, Senin.

Sebagai informasi, sirkuit yang memiliki nama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit ini dapat menampung hingga 195.700 penonton.

Selain itu, penyelenggara diwajibkan untuk membentuk Satgas protokol kesehatan guna melakukan pengawasan selama Superbike Mandalika berlangsung. Satgas dan TNI Polri juga harus menyediakan masker gratis. Nantinya, akan ada InMendagri (Instruksi Mendagri) yang dikeluarkan terkait penyelenggaraan WSBK yang memuat detail teknis.

Capaian vaksinasi dosis kedua sebelum acara berlangsung juga harus mencapai 50 persen. Saat ini, Airlangga menyebut jika capaian vaksinasi Covid-19 di Lombok Tengah telah mencapai 75,31 persen untuk dosis pertama dan 13,55 persen untuk dosis kedua. Sementara untuk capaian vaksinasi di seluruh kabupaten di Pulau Lombok ditargetkan minimal 70 persen untuk dosis pertama.

Penyelenggaraan WSBK di Mandalikan sendiri mundur satu minggu dari jadwal sebelumnya pada 12-24 November. Perubahan jadwal ini dikarenakan adanya pertimbangan terkait logistik dan pengiriman barang. Ini juga mengantisipasi agar acara tidak berbarengan dengan final MotoGP yang berlangsung 14 November di Valencia.(*)

Related Articles
Interest
Yuk Kenalan dengan Sirkuit Mandalika, Salah Satu Lintasan Balap WSBK 2021

Interest
Mengenal Durian Gundul yang Kini Bisa Berbuah di Indonesia, Rasanya Gimana ya?

Interest
Jorge Lorenzo Liburan ke Bali, Ini Cara Murah Kejar Tanda Tangannya