Interest

Ingin Bekerja dengan Idol? Industri K-Pop Buka Peluang Lebih Lebar Bagi WNA Nih!

Dwiwa

Posted on October 11th 2021

Koreaboo

Ada yang pernah bermimpi atau bercita-cita bisa bekerja bersama dengan idola K-Pop? Kabar baiknya, para ahli mengatakan jika industri tersebut saat ini mempekerjakan lebih banyak orang asing daripada sebelumnya.

Dilansir Koreaboo, semakin banyaknya grup K-Pop yang memasuki pasar dan mulai bercabang ke bidang baru, industri ini membutuhkan lebih banyak karyawan daripada sebelumnya. Tapi yang menarik, orang Korea bukan satu-satunya yang mendapatkan kesempatan yang didambakan ini.

Lee Sang Hwan, CEO layanan sumber daya karir K-Pop Conexus Labs mengungkapkan kepada The Korea Times bahwa agensi ingin mempekerjakan lebih banyak orang asing daripada sebelumnya.

Misalnya JYP Entertainment yang baru-baru ini memposting lowongan pekerjaan khusus Jepang. Ada juga SM Entertainment belum lama ini mengumumkan bahwa orang asing memenuhi syarat untuk melamar lowongan pekerjaan barunya. Beberapa posisi pekerja global sedang dipertimbangkan termasuk manajer idol serta bagian pemasaran dan pengarah bisnis.

“Saya pikir permintaan akan tumbuh secara bertahap, karena lebih banyak label K-pop meluncurkan grup mereka di negara selain Korea,” ujar Lee Sang Hwan.

Lee memperkirakan tingkat pertumbuhan karyawan internasional di industri K-Pop akan meningkat dengan cepat dalam waktu dekat. Bahkan mungkin akan ada iklan pekerjaan hanya untuk orang asing.

Tentu saja, jika kalian ingin bekerja di industri K-Pop, itu tidak mudah. Lee Sang Hwan mengatakan pelamar yang ingin diterima harus bisa berbicara bahasa Korea, menulis resume dan surat lamaran mereka dalam bahasa Korea, dan memenuhi kualifikasi yang sama dengan pencari kerja Korea.

Tetapi sebelum memutuskan untuk bekerja di K-Pop, pastikan jika ekspektasi kalian tetap realistis ya. Sebab, staf di belakang layar hidupnya tidak seglamor para idola. Lee Sang Hwan mengatakan bahwa bekerja di perusahaan K-Pop memiliki jadwal kerja dari jam 9 pagi sampai jam 6 malam. Jika sedang era comeback, akan ada kerja ekstra semalaman.

Selain itu, gaji awal di industri K-Pop lebih rendah dari yang Anda harapkan. Upah tahunan rata-rata di HYBE, misalnya, hanya 30,9 juta KRW (sekitar Rp 382 juta). Sebagai perbandingan, gaji rata-rata di Korea Selatan secara keseluruhan adalah sekitar USD 42.000 atau Rp 599 juta per tahun.

Selain itu, penggemar berat mungkin lebih kesulitan mencari pekerjaan daripada yang mereka harapkan, tidak peduli seberapa berkualitas mereka dan seberapa baik mereka berbicara bahasa Korea. Lee Sang Hwan mengatakan meskipun beberapa perusahaan lebih suka mempekerjakan penggemar idola mereka, beberapa lainnya tidak demikian.

Jadi, jika kalian memang ingin bekerja di industri K-Pop, hal yang perlu dilakukan saat ini adalah mulai berlatih bahasa Korea dan menyempurnakan keterampilan lebih awal agar mendapatkan kesempatan bersaing. (*)

 

Related Articles
Interest
Luncurkan Video Edukasi, BTS Bakal "Ajari" ARMY Bahasa Korea

Entertainment
Beda Usia 13 Tahun, Heechul 'Super Junior' dan Momo 'TWICE' Konfirmasi Pacaran

Interest
Penggemar Super Junior dari Wuhan Minta Maaf, Takut Tulari Penonton Konser