Esports

Hot Wheels Unleashed Dirilis, Ajang Nostalgia Bagi Anak 90-an

Ridho

Posted on October 11th 2021

Setelah dimanjakan dengan dirilisnya Pokemon unite, baru-baru ini anak 90-an kembali bersuka cita. Sebab, mainan semasa kecil, Hot Wheels, merilis game baru yang membawa pemain bernostalgia. Game tersebut bernama Hot Wheels Unleashed. Game ini jadi ‘the next level’ bagi para pecinta Hot Wheels.

Hot Wheels Unleashed ini fitur yang bisa dibilang hampir lengkap. Senan, game ini memiliki semua hal yang dibutuhkan sebuah permainan balap dan arcade. Mulai koleksi mobil yang dibawa langsung dari mainan aslinya, lintasan balap baru, berbagai item untuk dikoleksi, dan juga beragam kustomisasi yang bisa dilakukan di dalam Hot Wheels Unleashed.

Game besutan Mileston ini menghadirkan visualisasi photorealistic dengan model mobil dan lintasan yang ditampilkan layaknya mainan aslinya. Semua hasil itu tak terlepas dari campur tangan Unreal Engine 4 sebagai mesin dari game ini. Tak heran jika setiap detail dari mobil Hot Wheels Unleashed nampak nyata.

Realisme tersebut didukung dengan lintasan serta lokasi yang juga tampil tidak kalah detail dari mobilnya. Mulai dari ruang bawah tanah hingga di atas gedung pencakar langit, semua lokasi yang muncul dalam game ini terlihat menakjubkan. Tata cahaya terutama untuk dalam ruangan tampil indah dengan berbagai pantulan cahaya di berbagai permukaan.

Sama seperti di dunia nyata, game Hot Wheels Unleashed juga mengharuskan para pemainnya untuk mengoleksi sejumlah jenis mobil. Total ada 68 mobil yang dapat dikoleksi para pemain. Untuk pilihan mobilnya juga bervariasi, mulai dari mobil original milik Hot Wheels hingga mobil ternama seperti Ford Mustang dan DMC DeLorean. Mobil-mobil tersebut bisa didapat dengan membeli langsung atau lewat ‘blind box’ alias ‘gacha’.

Sama seperti mainan aslinya, setiap mobil yang ada dalam game ini juga memiliki tingkat kelangkaan masing-masing. Melansir Hybrid, ada 4 tingkatan mobil yang ada yaitu Common, Rare, Legendary, dan Super Treasure Hunt. Untuk mobil-mobil di tingkat Common dan Rare, pemain dapat melakukan upgrade yang akan meningkatkan performa sekaligus tingkat kelangkaannya.

Sedangkan untuk mobil-mobil Legendary dan Super Treasure Hunt tidak bisa di-upgrade. Akan tetapi, tingkat tersebut sudah punya performa yang tinggi. Beberapa mobil dari kategori ini juga memiliki keunikannya masing-masing seperti suara nitrous yang berbeda. Terakhir, ada juga tingkatan mobil Secret Car yang hanya bisa didapat melalui event campaign in-game.

Sedangkan untuk gameplay dari Hot Wheels Unleashed sendiri terbilang cukup sederhana dan mudah  dipahami. Hal yang unik adalah physics mobil dalam game ini bergerak layaknya mainan. Sehingga mobil yang dikemudikan akan terasa ringan dan mudah terbalik saat menabrak pembatas atau tidak tepat saat mendarat.

Namun, game Hot Wheels Unleashed punya satu kekurangan yakni perihal race mode permainan. Sebab, Hot Wheels Unleashed hanya menyediakan tiga mode yang bisa dimainkan yakni quick race, time attack, dan boss race.

Quick race merupakan balapan melawan 11 mobil lain. Sedangkan time attack, mengharuskan pemain untuk melaju di lintasan melawan batas waktu yang telah ditentukan. Dan yang terakhir adalah boss race, balapan ini mirip dengan quick race namun memiliki lintasan yang lebih panjang, rumit dan memiliki berbagai tantangan tambahan di dalamnya.

Selain bisa balapan, kalian juga bisa menikmati fitur lain yakni memodifikasi ruang pribadi pemain yang disebut “Basement”. Di sini, pemain dapat menikmati semua bagian yang telah dikoleksi untuk memodifikasi ruangan sesuai selera pemain. Kalian dapat mengubah desain wallpaper, jenis lantai, pilihan furniture, hingga ke berbagai aksesoris kecil. Karena, semua modifikasi di ruangan ini nantinya akan muncul ketika kalian balapan di lokasi basement.

Kemudian ada mode Track Editor. Di sini pemain dapat menggunakan berbagai macam part lintasan yang telah dikoleksi untuk membuat jalur lintasan impian masing masing. Pemain dapat memilih satu dari 6 lokasi yang telah tersedia dan memenuhinya dengan imajinasi para pemain terhadap lintasan Hot Wheels impiannya.

Selain lintasan standar, ada juga beragam variasi seperti lompatan, trek magnetik yang memungkinkan mobilnya menempel melawan gravitasi, hingga part khusus yang sebelumnya ada dalam boss race. Seperti laba-laba yang mengeluarkan jaring pengikat hingga kepala dinosaurus yang dapat mengigit mobil para pemain.

Terakhir, kalian juga bisa memodifikasi cat dan stiker dari mobil Hot Wheels favorit. Nantinya, kalian bisa mengganti warna, memberikan berbagai stiker, hingga menentukan material yang digunakan untuk berbagai bagian mobilnya.

Game ini rilis di PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, Xbox Series X|S, Nintendo Switch, dan PC (Steam dan Epic Games Store). Harga game balapan ini adalah Rp400 ribu untuk PC, Rp699 ribu untuk PlayStation, dan 50 dolar AS (Rp712 ribu) di platform lainnya.(*)

Related Articles
Esports
Hasil M2 2021: Burmese Ghouls Kalahkan RRQ Hoshi, Jalan ke Final Lebih Terjal

Esports
Bisa Jadi Support dan Sidelaner, Ini Build Item Cyclops Paling OP

Esports
Kode Redeem Free Fire (FF) Terbaru, Berikut Cara Menukarkannya