Interest

Astronot Tangkap Fenomena Kilatan Cahaya dari Stasiun Luar Angkasa

Jingga Irawan

Posted on October 11th 2021

Gambar: CNET

Kilatan cahaya sementara di langit biasanya diidentikkan dengan tanda-tanda hadirnya mahluk ghaib. Tetapi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) fenomena alam ini sebenarnya langka terjadi dan cantik banget saat disaksikan.

Dilansir CNET Senin (11/10), Astronot Badan Antariksa Eropa (ESA) sekaligus penghuni ISS saat ini, Thomas Pesquet, membagikan sebuah kilatan terang cahaya biru halus yang muncul di atas Eropa.

Transient Luminous Event (Peristiwa Cahaya Sementara) terjadi karena disebabkan oleh petir di atmosfer atas. Peristiwa itu tak selalu terlihat dengan warna yang sama. Kilatan cahaya biru yang ditangkap Thomas terjadi pada awal September dan ia men-tweet tentang fenomena tersebut baru-baru ini, dengan menyebutnya sebagai "kejadian yang sangat langka."

ISS merupakan lokasi sempurna untuk mempelajari peristiwa langit penuh warna, yang dijuluki menggunakan serangkaian nama keren, mulai dari elves, sprites, dan giants. Fotografer andal dan jeli bahkan dapat memotret jenis fenomena itu dari bawah, seperti pemandangan fantastis dari red sprites yang ditangkap pada tahun 2017.

Gambar: red sprites

"Apa yang menarik dari petir ini adalah bahwa hanya beberapa dekade yang lalu mereka telah diamati secara tak sengaja oleh pilot dan para ilmuwan yang tak yakin mereka benar-benar ada," kata Thomas Pesquet di Flickr. "Maju cepat beberapa tahun dan kami dapat mengkonfirmasi elves dan sprites sangat nyata dan dapat mempengaruhi iklim kita juga!"

Gambar milik Thomas mewakili satu frame khusus dari selang waktu yang diambil dari ISS. Gambar yang diambil Thomas juga menunjukkan keindahan, di mana lekukan Bumi dan kerlap-kerlip lampu Eropa terlihat terang.(*)

Related Articles
Interest
Benteng-Benteng di "Star Cities" Bukti Kehebatan Teknik Rekayasa Era Renaisans

Interest
Coronavirus Lumpuhkan Industri Otomotif Dunia

Interest
Ada "Dinosaurus" Numpang di Penerbangan Luar Angkasa NASA x SpaceX