Lifestyle

Ayo Move On! Ini 5 Langkah yang Bisa Kamu Lakukan

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 10th 2021

(Ilustrasi: Pablo Stanley/blush.design)

Selamat Hari Kesehatan Mental Sedunia! Di tanggal 10 Oktober ini, kita merayakan hari spesial untuk mengapresiasi diri sendiri.Terkadang, kita takut melepaskan sesuatu yang jelas membebani dan ini tak baik untuk kesehatan mental. Karena itu, inilah hari yang tepat buat kamu mulai move on.

Banyak banget hal yang bisa membebani kita. Mungkin hubungan yang kurang sehat, tapi kita gak mau menyudahi karena takut kesepian. Mungkin sesuatu yang gak suka kita lakukan, tapi takut berhenti karena satu dan lain hal. Simak beberapa tips berikut buat mulai melepaskan.

Ubah fokus kita

Dilansir dari Psychology Today, Dr. Marcia Reynolds berpendapat bahwa kita cenderung buat susah melepaskan kalau fokus pada hal-hal yang mungkin akan hilang. Biar pikiran lebih ringan, coba fokus ke hal-hal yang mungkin akan kita raih jika merelakan. Hasil positif pasti akan menunggu setelah kita melepaskan.

Ganti padangan tentang kehilangan

Misalnya kita lagi terjebak dalam sebuah toxic relationship. Mungkin kita akan berpikir lebih baik selalu diperlakukan tidak adil daripada harus sendirian dan dipandang aneh. Namun, kalau kita tetap bertahan, kita gak pernah tahu apa yang mungkin terjadi. Memulai hubungan atau sesuatu yang baru mugkin kesannya menakutkan, tapi yang lebih baik mungkin sudah menanti.

Tentukan waktu jelas

Jangan ambil keputusan secara emosional. Kalau mau berhenti dari sesuatu, atur waktu yang paling tepat dan tepati waktu yang sudah dibuat tadi. Siapkan cara untuk melewati momen setelah hari khusus tersebut.

Cari bantuan orang lain

Saat mengalami masa berat, bercerita ke orang yang dipercaya bisa membantu. Kelilingi diri dengan orang yang bisa mendukung. Izinkan diri kita buat didukung orang lain dan lebih baik tidak mengisolasi diri terlalu lama.

Namun, nggak masalah juga kalau kamu masih perlu waktu untuk bebas dari orang atau situasi yang membuatmu kesal. Dilansir dari Healthline, jarak sementara itu bisa membantu kita melepaskan karena kita gak perlu berpikir, memproses, atau teringat akan hal tersebut.

Sayangi diri sendiri

Ucapkan terima kasih sama diri sendiri sudah bisa melalui momen berat. Pastikan bahwa kebutuhan tidur dan makan tercukupi. Lakukan hal-hal yang menyenangkan diri, bisa ajak teman juga. Jangan terlalu keras menghakimi diri sendiri, tapi pakai pengalaman untuk tambahan pertimbangan ketika membuat pilihan di masa depan.

Nah, itu dia beberapa langkah untuk mulai let go dan move on. Kalau dirasa apa yang kamu alami sangat berat dan kamu gak bisa menghadapinya sendiri, konsultasi ke psikolog atau psikiater gak ada salahnya kok. (*)

 

Related Articles
Lifestyle
Toxic Positivity dan Optimis Hampir Sama, Apa sih Bedanya? Cek 3 Poin Ini

Lifestyle
17 Kalimat Andalan Pasangan Toxic Ini Bisa Menghancurkan Hubungan

Lifestyle
4 Tanda Kalau Circle Pertemananmu Gak Suportif dan Harus Dihindari