Tech

Snap Luncurkan Alat di Snapchat untuk Ingatkan Pengguna Bahaya Narkoba

Dwiwa

Posted on October 8th 2021

Baru-baru ini, Snap telah meluncurkan alat di dalam aplikasi Snapchat untuk membantu mengingatkan pengguna terkait bahaya narkoba. Mereka juga mengungkap sedang mengembangkan alat bagi orang tua untuk membantu menjaga remaja tetap aman di aplikasi tersebut.

Dilansir dari Reuters, pengumuman ini muncul setelah adanya peringatan keamanan publik dari Drug Enforcement Administration AS (DEA) pekan lalu. Mereka memperingatkan tentang peningkatan pil resep palsu yang mengandung fentanil dan metamfetamin yang sering dijual di media sosial dan situs e-commerce.

Kepala DEA Anne Milgrim mengatakan dalam sebuah wawancara baru-baru ini dengan NBC News bahwa perusahaan media sosial itu tidak melakukan cukup banyak untuk menghentikan masalah itu.

Perusahaan media sosial, termasuk Facebook, berada di bawah pengawasan anggota parlemen terkait dampaknya terhadap keselamatan dan kesejahteraan pengguna muda.

Pada musim panas ini, Snap telah menghadapi protes di kantor pusatnya dari orang tua yang anaknya meninggal setelah minum pil palsu yang dibeli melalui Snapchat. Mereka mengatakan, pada tahun lalu telah mengembangkan tim yang menangani permintaan penegakan hukum untuk mempersingkat waktu respon.

Mereka juga telah bekerja untuk meningkatkan kemampuan deteksi proaktif untuk menghapus pengedar narkoba dari platform perpesanan tersebut.

“Kami telah mendengar cerita yang menghancurkan dari keluarga yang terkena dampak krisis ini, termasuk kasus di mana pil palsu yang mengandung fentanil dibeli dari pengedar narkoba di Snapchat,” kata Snap dalam sebuah postingan  blog pada Kamis. “Kami akan bekerja tanpa lelah untuk berbuat lebih baik dan berbuat lebih banyak untuk menjaga komunitas kami tetap aman.”

Snap mengatakan telah mengembangkan kampanye iklan video dan filter baru untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya fentanil dan pil palsu.

“Prioritas pertama kami adalah untuk memperingatkan anak-anak bahwa pil palsu ini telah membanjiri pasar AS,” kata Ed Ternan, yang putranya meninggal tahun lalu karena mengonsumsi pil yang mengandung fentanil, pil yang didapat dari dealer yang ditemukan anaknya di Snapchat. Organsiasi nirlabanya Song for Charlie sekarang tengah bekerja bersama dengan perusahaan.(*)

Artikel Terkait
Tech
Snapchat Minta Pengguna Cek Ulang Daftar Teman, Biar Bersih dari Fake Friend

Tech
Asyik! Snapchat Sekarang Punya Akun Kreator dan Bisa Pamer Jumlah Subscriber

Tech
Snapchat Rilis Fitur Connected Lenses, Bisa Main Lego 3D Real Time Bareng Teman!