Current Issues

Makin Bertambah, Kini Ada 15 Aplikasi Terintegrasi dengan PeduliLindungi

Dwiwa

Posted on October 8th 2021

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kembali menambah jumlah aplikasi populer di Indonesia untuk diintegrasikan dengan PeduliLindungi. Kini, total sudah ada 15 aplikasi yang memiliki fitur terhubung dengan PeduliLindungi. Jumlah ini meningkat dari yang diumumkan sebelumnya di mana hanya 11 aplikasi yang terintegrasi.

Dengan adanya integrasi dengan aplikasi-aplikasi populer ini, diharapkan bisa memudahkan masyarakat dalam melakukan aktivitas saat berada di tempat publik. Mereka yang memiliki kapasitas memori ponsel penuh tidak perlu repot harus mengunduh aplikasi PeduliLindungi secara terpisah. Tetapi cukup dengan memanfaatkan salah satu aplikasi yang sudah ada di dalam smartphone. 

Tetapi yang perlu dipahami, fitur yang bisa diakses oleh aplikasi-aplikasi populer ini hanya terbatas lho. Kalian hanya bisa menggunakan fitur pemindaian QR Code untuk check in atau check out pada aplikasi tersebut.  Fitur ini akan mendeteksi status kesehatan kalian dan menentukan apakah diperbolehkan masuk ke ruang publik atau tidak.

Sementara fitur lain, seperti melihat status virus corona di daerah kalian berada, mengunduh sertifikat vaksin Covid-19, maupun hasil tes Covid-19 tetap hanya bisa diakses dari aplikasi PeduliLindungi saja.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan jika langkah pengintegrasian ini dilakukan karena PeduliLindungi akan digunakan dalam tiga hal penting dalam penanganan pandemi Covid-19, yakni screening, tracing, dan mendukung pelaksanaan protokol kesehatan.

Sementara itu, 15 aplikasi yang kini sudha terintegrasi dengan PeduliLindungi meliputi Gojek, Tokopedia, Grab, Traveloka, Tiket, Dana, Shopee, Livin’ by Mandiri, Cinema XXI, LinkAja, Goers, Jaki, BNI Mobile, Mcash, dan Loket.com.

Ke depan, jumlah aplikasi yang akan berintegrasi dengan PeduliLindungi akan kembali ditambah sebanyak 35 mitra. Sehingga nantinya akan ada total 50 aplikasi yang bisa digunakan untuk mengakses fitur di PeduliLindungi. (*)

 

Artikel Terkait
Current Issues
Meski PPKM Diperpanjang, Aturan di Mal Sudah Makin Dilonggarkan

Current Issues
Berencana ke Luar Negeri? Begini Cara Aktifkan Sertifikat Vaksin Internasional

Current Issues
Vaksinasi Booster Jadi Syarat Perjalanan Dalam Negeri Mulai 17 Juli 2022