Interest

Identitas Asli ‘Zodiac Killer’ Terungkap, Benarkah?

Jingga Irawan

Posted on October 7th 2021

credit gambar: Screenrant

Kalian pasti sering mendengar kasus misteri Zodiac Killer, terutama bagi para pecinta true crimes. Namanya acap kali muncul di beberapa film dan kanal YouTube tertentu yang sering membahas masalah kriminal.

Bahkan, kisah Zodiac sendiri diadaptasi menjadi sebuah film fitur berjudul Zodiac. Ceritanya menjadi terkenal karena identitas Zodiac masih belum diketahui walaupun puluhan tahun diselidiki.

Nah, sebuah laporan dari Fox News, Rabu (6/10) menggemparkan dunia. Dikatakan bahwa identitas asli Zodiac Killer terungkap. Ini menurut penyelidik yang disebut sebagai The Case Breakers, setelah bertahun-tahun mempelajari kasus ini.

The Case Breakers sendiri terdiri dari lebih dari 40 mantan penyelidik penegak hukum, jurnalis dan perwira intelijen militer. Mereka mengumumkan telah memecahkan kasus tersebut, menyebut Gary Francis Poste sebagai Zodiac Killer sebenarnya.

Mereka memeriksa bukti forensik baru dan foto-foto dari kamar Gary, yang mengaitkannya dengan pembunuhan tersebut. Dari foto-foto yang cocok dengan sketsa polisi, hingga sepatu bot yang dikenakan di TKP, dan kode yang dipatahkan pada huruf-huruf yang akhirnya mengungkapkan nama Gary, para penyelidik telah menggali banyak bukti untuk menghubungkan Gary dengan kejahatan tersebut.

Gary adalah mantan Veteran Angkatan Udara yang bekerja sebagai pelukis selama beberapa dekade sebelum kematiannya pada 2018. Dia dikenal memiliki senjata api dan bertindak sebagai figur ayah bagi para pemuda dalam hidupnya, termasuk teman-teman putranya sendiri.

Salah satu penyelidik utama mengatakan bahwa menemukan nama Gary adalah kunci untuk mengungkap kasus ini, dengan mengatakan, "Jadi, kalian harus tahu nama lengkap Gary untuk menguraikan anagram ini. Aku hanya nggak berpikir ada cara lain bagi seseorang mengetahuinya.”

Namun, menurut sebuah laporan dari The Wrap, FBI dan lembaga kepolisian di California kini telah membantah laporan dari penyelidik yang mengklaim bahwa identitas Zodiac Killer telah terungkap. Laporan baru mengatakan kasus itu tetap terbuka, beberapa ahli bahkan menyebut laporan itu sebagai sampah. Tetapi orang-orang di seluruh dunia saat ini masih menunggu lebih banyak detail.

Zodiac Killer adalah salah satu pembunuh berantai paling terkenal sepanjang masa. Ia melakukan setidaknya lima pembunuhan yang belum terpecahkan di wilayah Teluk San Francisco antara 1968-1969.

Salah satu hal yang membuat si pembunuh tetap menjadi berita utama selain tak pernah tertangkap, adalah rangkaian surat, kartu, dan catatannya yang dikirim ke polisi untuk mengejek. Beberapa di antaranya berisi kriptogram, atau sandi khusus yang dibuat oleh pelaku.

Pesan-pesan samar telah membingungkan para penyelidik selama beberapa dekade sejak itu, dengan banyak teori dan dugaan tersangka ditangkap sepanjang penyelidikan, tetapi tak ada yang pasti. Kasus Zodiac telah melahirkan sejumlah film dokumenter, film, dan buku selama bertahun-tahun, semuanya berusaha untuk menyoroti siapa pembunuh sebenarnya yang mungkin.

Salah satu serial dokumenter terbaru tentang kasus ini adalah The Most Dangerous Animal of All, yang berfokus pada seorang pria di mana ia mengklaim bahwa ayahnya adalah Zodiac Killer yang sebenarnya.

Tetapi, eksplorasi paling terkenal dari kasus ini adalah film karya David Fincher, Zodiac (2007), yang meninggalkan nama Arthur Leigh Allen sebagai tersangka utama. Film tersebut dibintangi oleh Robert Downey Jr. sebagai jurnalis Paul Avery dan Jake Gyllenhaal sebagai Robert Graysmith, seorang kartunis untuk San Francisco Chronicle yang menjadi terobsesi untuk memecahkan kasus Zodiac.

Seiring kemajuan teknologi dan ilmu forensik, tak mengherankan jika misteri akhirnya terpecahkan. Zodiac Killer telah menghantui penyelidik dan detektif selama beberapa dekade. Bagi para korban dan keluarga mereka, pengungkapan ini mungkin membuka luka lama, tetapi juga membantu untuk menutup kehilangan mereka.(*)

 

 

Related Articles
Entertainment
Lebih Fashionable, Netflix Rilis First-Look ‘Emily in Paris’ Season 2

Entertainment
Kasus Bunuh Diri Meningkat, Netflix Tetap Bela '13 Reasons Why'

Entertainment
Robert Downey Jr. & Matt Damon Join Film Pembuatan Bom Atom ‘Oppenheimer’