Korea

MV 'Daechwita' dari Agust D Tembus 300 Juta Viewers di YouTube

Delima Pangaribuan

Posted on October 7th 2021


(AllKpop)

 
Setelah setahun lebih rilis, MV dari Suga BTS alias Agust D Daechwita mencatatkan pencapaian baru hari ini. Dilansir Koreaboo, MV yang menggabungkan unsur modern dan tradisional Korea Selatan itu meraih 300 juta viewers.
 
Angka tersebut tercatat pada 09.35 pagi KST atau pukul 07.35 WIB. Tentu ini angka yang luar biasa bagi rapper solo seperti Suga. Jauh sebelum mencapai 300 juta viewers YouTube ini, Suga BTS sebagai Agust D juga sudah mencatatkan berbagai prestasi sebagai solois. Salah satunya menjadi solois dengan hak cipta lagu terbanyak di kancah Kpop.
 
Daechwita merupakan lagu utama dari mixtape kedua Agust D, D-2. Album mixtape ini dirilis pada Mei 2020 setelah penantian kurang lebih empat tahun sejak mixtape pertamanya pada 2016. Lagu Daechwita sendiri menyita perhatian karena berhasil menggabungkan musik hip-hop, trap, rapping yang gahar, dengan kesenian tradisional Korsel.

 
Sepanjang lagu, kita mendengar bagian-bagian rap yang powerful diiringi sama instrumen musik tradisional Korea. MV-nya juga menampilkan dua sisi dari Agust D. Satu sisi, dia tampil sebagai rapper modern dengan style pakaian mirip musisi Western, sementara di sisi lain dia tampil dengan mengenakan pakaian zaman kerajaan Semenanjung Korea zaman dulu.
 
Lagu spesial ini juga pernah dibawakan oleh para member BTS dalam konser virtual mereka, 2021 Muster Sowoozoo pada Juni lalu. Dalam MV-nya, dua member juga menunjukkan dukungan secara langsung dengan muncul di MV, yakni Jin dan Jungkook. Selamat buat Suga atas prestasinya! (*)
 
Related Articles
Korea
Suga Sebut Satu Lagu dalam D-2 Awalnya Dibikin untuk Member Lain. Siapa ya?

Korea
Fans Geram Gegara Foto-Foto BTS Raib dari Highlight Instagram Dispatch

Korea
Persiapan MV "Daechwita", Suga Latihan Pedang Dua Hari Doang