Current Issues

Ada Atlet dan Ofisial Positif Covid-19, Menpora Pastikan PON Papua Tetap Jalan

Dwiwa

Posted on October 6th 2021

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dipastikan akan tetap berjalan sesuai jadwal meskipun sejumlah atlet dan ofisial dinyatakan positif Covid-19. Kepastian itu diberikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, Rabu (6/10).

“Pertandingan tetap berlangsung, sementara protokol kesehatan tetap terjaga sesuai aturan-aturan yang telah ditetapkan,” ujar Menpora dalam keterangan resminya seperti dilansir dari Antara.

Selanjutnya, Menpora akan mengumpulkam Panitia Pengawasan dan Pengarahan (Panwasrah), Pengurus Besar PON, dan eleman lain yang terlibat. Risiko transmisi Covid-19 pun akan berusaha diminimalisir dengan berbagai strategi, termasuk penegakan protokol kesehatan ketat.

Kasus Covid-19 selama pelaksanaan PON Papua pertama kali ditemukan di Timika sebelum pembukaan pertandingan cabang olahraga. Jumlah kasusnya pun semakin bertambah.

Menurut keterangan juru bicara Satuan Tugas (satgas) Pencegahan dan Penanganan (SGPP) Covid-19 Papua Silwanus Sumule, sampai saat ini jumlahnya sudah mencapai 29 kasus, terdiri dari atlet, ofisial, dan panitia pelaksana (panpel).

Penyebaran kasus Covid-19 ini berasal dari empat wilayah, yakni 13 orang di Timika, tujuh orang di Kabupaten Jayapura, enam orang di Kota Jayapura dan tiga orang di Merauke. Berdasarkan laporan, rata-rata hanya mengalami gejala ringan atau bahkan tidak bergejala.

Secara umum, protokol kesehatan di PON Papua sudah dilaksanakan dengan cukup ketat. Setiap orang yang masuk ke Bumi Cenderawasih, wajib melakukan PCR dan negatif Covid-19. Selain itu, di tempat akomodasi, jika ada yang bergejala langsung dites antigen yang dapat dilanjut PCR.

Jika positif, langsung diisolasi dan dilakukan pelacakan kontak. Atlet yang akan mengikuti pertandingan dengan body contact seperti gulat atau wushu juga dilakukan tes antigen sebelum bertanding.

Meski begitu, virus SARS-Cov-2 sepertinya tetap memiliki cara untuk bisa menular pada atlet, ofisial, dan panitia pelaksana. Karena itu, masyarakat setempat diminta untuk lebih ketat dalam melaksanakan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) dan melakukan vaksinasi setidaknya satu kali sebagai upaya perlindungan kesehatan.(*)

Artikel Terkait
Current Issues
Ingin Selenggarakan Acara Besar? Ini Pedoman yang Harus Diikuti

Current Issues
Jangan Coba-coba Terkena Covid, Meski Sudah Divaksin

Current Issues
Juli Bakal Kembali Belajar Tatap Muka, Ini Tips Aman Bersekolah Saat Pandemi