Entertainment

Olivia Rodrigo Selipkan Pesan Menarik di MV ‘Brutal’, Ini Kode-Kodenya

Pesannya juga brutal.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 6th 2021


(Foto: YouTube Olivia Rodrigo)

Olivia Rodrigo memang jagonya bikin lagu yang relatable, bahkan video musiknya juga menyinggung isu yang erat dengan kita. Ternyata, di video musik Brutal, salah satu lagu dari album Sour, ada beberapa pesan menarik yang bisa dikulik lho.

Kode-kode dalam video musik ini menyinggung tentang media sosial yang toxic hingga mengambil referensi dari lirik lagu Brutal sendiri. Yuk, simak beberapa di antaranya seperti yang dilansir dari Insider.

Kapitalisme


(Foto: YouTube Olivia Rodrigo)

Di pertengahan video, Olivia muncul dalam outfit silver metalik dengan filter wajah yang terluka. Penyanyi kelahiran 18 tahun lalu itu lagi syuting iklan minuman, tapi tampaknya agak tertekan. Ini pas banget sama lagu Brutal yang menceritakan betapa lelahnya Olivia dengan dunia yang saat ini dihadapinya.

“And I'm so tired that I might / Quit my job, start a new life / And they'd all be so disappointed / 'Cause who am I if not exploited?” ujarnya di verse pertama. Nah, bekerja sampai lelah berlebih itu masuk ke eksploitasi tuh.

Media sosial penuh kepalsuan


(Foto: YouTube Olivia Rodrigo)

Sepanjang video, pelantun Deja Vu itu menggunakan beragam face filter mulai dari emosi menangis hingga emoji hati. Filter sejenis sering banget kita temui di media sosial terutama Instagram. Di pertengahan video, Olivia tampak nge-live Instagram dengan filter menangis.

Filter memang berkembang banget dari sekadar lucu sampai bikin wajah tampak sangat sempurna. Intinya sih apa yang kita lihat itu belum tentu apa yang sungguh terjadi. Media sosial memang kejam~

Poster promosi


(Foto: YouTube Olivia Rodrigo)

Setelah adegan syuting iklan, ada adegan saat Olivia diseret dua sahabatnya di sebuah lorong. Di situ terlihat ada dua poster iklan. Yang satu menampilkan pelantun Drivers License itu mempromosikan minuman, yang satu lagi iklan kosmetik. Menariknya, tulisan di dua poster tersebut mengambil referensi langsung dari lirik lagu Brutal.

Minuman yang dipromosikan punya nama Golden Years dan slogan “Do you have the guts to enjoy it?" Iklan kosmetik punya slogan “Enjoy your youth.” Ini berkaitan sama lirik “They say these are the golden years / But I wish I could disappear” dan “If someone tells me one more time / ‘Enjoy your youth,’ I'm gonna cry.”

Nah, itu dia sederet easter egg dari video musik Brutal yang punya pesan spesial. Hayo, kalian sudah notice semua belum? (*)

Artikel Terkait
Entertainment
Olivia Rodrigo Rilis MV ‘Brutal’, Gambarkan Kejamnya Dunia buat Anak Muda

Entertainment
Olivia Rodrigo Rayakan Satu Tahun Album ‘Sour’: Benar-Benar Mengubah Hidupku

Entertainment
Olivia Rodrigo Bakal Rilis Lagu Baru “Good 4 U”, Ini Sederet Kode-Kodenya