Entertainment

Olivia Rodrigo Bahas Kontroversi di Album ‘Sour’: “Gak Ada Hal Baru di Musik”

Olivia sempat disebut meniru beberapa karya

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 6th 2021

(Foto: Kevin Mazur for MTV/ViacomCBS)

Olivia Rodrigo memang sukses banget dengan album debutnya, Sour, tetapi tuduhan plagiat gak lepas dari karyanya itu. Beberapa lagu dari album itu dinilai punya kemiripan dengan beberapa lagu yang sudah lama dirilis. Baru-baru ini, Olivia buka suara tentang kritik tersebut.

Penyanyi kelahiran 18 tahun membeberkan pendapatnya melalui wawancara dengan Teen Vogue. “Kurasa sangat mengecewakan melihat orang-orang mengambil sesuatu di luar konteks dan meremehkan karya wanita muda,” ungkap pelantun Drivers License itu.

“Aku merasa kadang banyak banget keributan dan kritik dan hal-hal aneh terjadi di dunia. Aku harap orang-orang tahu bahwa jauh dari semua itu, yang kulakukan hanyalah menulis lagu tentang apa yang kurasakan dan itu yang paling penting bagiku. Hal-hal lain, kurasa nggak penting,” kata pelantun Deja Vu tersebut.

“Setiap artis terinspirasi dari artis yang ada sebelum mereka. Itu proses berbagi yang menyenangkan dan indah. Nggak ada hal baru di musik. Ada empat kunci di setiap lagu. Itu bagian asyiknya—membuatnya menjadi karyamu,” ungkapnya sebelum mengungkapkan kebanggannya bisa jadi seorang penulis lagu.

“Namun, pada akhirnya aku sangat bangga dan bahagia untuk berkata bahwa pekerjaanku adalah seorang penilis lagu. […] Semua musik terinspirasi dari satu sama lain. Jelas aku menulis semua lirik yang berasal dari hati dan hidupku terlebih dahulu. Aku membuat lirik dan melodi Good 4 U di suatu pagi pas mandi,” lanjut Olivia.

Good 4 U memang sempat menuai kontroversi karena dinilai mirip dengan lagu milik Paramore yaitu Misery Bussiness. Sebuah mashup karya fan menunjukkan dua lagu tersebut nyambung banget ketika disatukan. Pada akhirnya, Olivia menambahkan personil Paramore ke dalam kredit lagu tersebut (artinya personil tersebut akan dapat bagian dari keuntungan lagu).

Di luar itu, Olivia sempat menyebut bahwa ketenaran punya dampak berat buat kesehatan mentalnya. Meski kariernya meledak dengan lagu galau Drivers License, Agustus lalu Olivia berkata lagu itu sudah gak bikin dia sedih lagi, justru bangga. Apalagi Olivia tampaknya sudah punya pacar baru yaitu Adam Faze, enggak heran deh kalau sudah nggak galau lagi~

 

Related Articles
Entertainment
Pernah Bayangin Olivia Rodrigo Duet Sama Paramore? Mashup Ini Bisa Jadi Gambaran

Entertainment
Olivia Rodrigo Tambahkan Paramore ke Kredit ‘Good 4 U’ setelah Dinilai Mirip

Entertainment
Olivia Rodrigo Rilis “Good 4 U”, Pop-Rock Catchy dan Liriknya Brutal Sekali