Tech

Gara-gara Facebook Down, Telegram Dapat 70 Juta Pengguna Baru Lho!

Jingga Irawan

Posted on October 6th 2021

Gambar: DadoRuvic/REUTERS/Illustration

Sebagian besar orang di dunia mungkin merasa dirugikan karena Facebook, WhatsApp dan Instagram down, tapi itu tak berlaku untuk Telegram.

Dilansir Reuters, Rabu (6/10), aplikasi pesan Telegram memperoleh lebih dari 70 juta pengguna baru selama WhatsApp tak bisa digunakan. Menurut pendirinya, Pavel Durov, hal ini terjadi karena orang-orang dibiarkan tanpa layanan pesan utama selama hampir enam jam.

Facebook sebelumnya telah meminta maaf karena membuat lebih dari 3,5 miliar penggunanya tak dapat mengakses layanan seperti WhatsApp, Instagram, dan Messenger. Masalah tersebut dilaporkan terjadi karena perubahan konfigurasi yang salah.

"Tingkat pertumbuhan harian Telegram melebihi norma dengan urutan besarnya, dan kami menyambut lebih dari 70 juta pengungsi dari platform lain dalam satu hari," tulis Pavel Durov di kanal Telegram-nya.

Saat grup Facebook down, beberapa pengguna Telegram mengklaim sempat mengalami error login. Durov mengatakan beberapa pengguna di AS kemungkinan mengalami masalah kecepatan karena jutaan orang buru-burut mendaftar ke aplikasi di saat bersamaan, namun layanan Telegram tetap normal seperti biasa untuk sebagian besar pengguna.

Ketua Anti-Monopoli Uni Eropa Margrethe Vestager mengatakan bahwa masalah tersebut menunjukkan dampak di mana bisnis dan komunikasi mengandalkan hanya beberapa pemain besar. Ia juga memperingatkan perlunya lebih banyak saingan. Tujuannya, ketika down, pengguna dapat memiliki alternatif lain untuk berkomunikasi.

Sementara itu, Rusia mengklaim bahwa insiden tersebut membuktikan kalau pemerintahnya telah melakukan langkah yang benar dalam mengembangkan platform internet dan jejaring sosialnya sendiri.

Tak bisa digunakannya WhatsApp selama hampir enam jam juga memukul perdagangan aset dari cryptocurrency dan minyak Rusia, meskipun migrasi besar-besaran ke platform alternatif seperti Telegram dapat mengatasi gangguan.(*)

 

Related Articles
Tech
Facebook, Instagram, WhatsApp Down di Seluruh Dunia karena Sabotase?

Current Issues
Ini Media Sosial yang Berjaya dan Tumbang dalam Satu Dekade

Tech
WhatsApp Bakal Rilis Fitur Pesan Menghilang, Cocok Buat Bicarain Rahasia