Tech

Amazon Kembangkan Kulkas Pintar, Bisa Mendeteksi Kapan Makanan Kedaluwarsa

Jingga Irawan

Posted on October 6th 2021

Gambar: David Becker/Stringer (Getty Images)

Tak puas cuma bikin robot rumah Astro, Amazon mengembangkan kulkas pintar yang bisa mendeteksi kebiasaan pembelian makanan, memprediksi preferensi makanan hingga memberi kalian saran kesehatan dan nutrisi tanpa kalian minta.

Gizmodo Rabu (6/10) melansir kabar tentang kulkas yang dijuluki Project Pulse tersebut. Kulkas itu menggunakan beberapa teknologi visi komputer yang sama seperti toko tanpa kasir milik Amazon.

Dengan melakukan scanning otomatis, sistem kulkas dapat mengetahui stok persediaan makanan dan memberi tahu kalian saat suatu produk telah melampaui masa simpannya. Selain itu, sistem juga bisa mendeteksi saat kalian barang tertentu hingga menyarankan resep berdasarkan produk yang ada di kulkas.

Meskipun Amazon semakin bertekad untuk memproduksi produknya sendiri akhir-akhir ini, perusahaan dikabarkan sedang dalam diskusi kerja sama dengan beberapa merek elektronik besar yang berpotensi untuk memproduksi kulkas.

Produksi peralatan rumah tangga bakal menempatkan Amazon ke dalam persaingan yang lebih nyata dengan raksasa retail besar lain seperti Samsung, LG, dan General Electric. 

Kulkas pintar memang bukan ide baru. Samsung dan LG sama-sama menawarkan produk yang dapat mengidentifikasi makanan, terhubung ke asisten digital seperti Bixby, dan dalam beberapa kasus, dapat dengan mudah memesan lebih banyak bahan makanan. Namun, proyek kulkas itu merupakan yang terbaru oleh Amazon.

Selama event hardware tahunan September ini, perusahaan juga memperkenalkan perangkat yang kemungkinan bisa merekam, mengawasi, dan melacak perilaku pengguna. Ia adalah Astro, asisten rumah tangga yang dirancang untuk mempermudah kegiatan rumah.

Meskipun Amazon relatif pandai menyamarkan inovasinya sebagai teknologi rumah ramah yang dirancang untuk membuat hidup kalian lebih mudah, potensinya untuk menarget privasi seseorang di bawah jargon "kenyamanan" dan "keamanan rumah" tak boleh diabaikan.

Meskipun saat ini tak ada perkiraan harga atau tanggal rilis yang diharapkan untuk Project Pulse, sumber anonim mengatakan bahwa label harga diperkirakan jauh lebih mahal dari perangkat lainnya, mengingat kompleksitas relatif dari perangkat keras yang terlibat. Target audiens-nya adalah rumah tangga berpenghasilan tinggi yang sudah berlangganan Amazon Prime.(*)

 

Related Articles
Tech
Amazon Akan Bayar Pelanggan Rp 140 Ribu untuk Pindai Telapak Tangan, Buat Apa?

Tech
‘Just Walk Out’, Belanja Canggih dan Unik Ala Amazon

Tech
Karena Pandemi, FedEx Kini Manfaatkan Robot untuk Sortir Paket Antaran