Tech

Facebook, WhatsApp, dan Instagram Pulih Setelah Down Enam Jam, Ini Penyebabnya!

Jingga Irawan

Posted on October 5th 2021

Credit: Reuters

Facebook kembali online setelah down enam jam karena masalah perutean DNS (Domain Name System). Melansir The Verge, Selasa (5/10), kondisi itu berpengaruh pada Instagram, Whatsapp, Messenger, dan Oculus VR. Bagi sebagian orang, layanan tersebut sudah kembali online sekarang. Akan tetapi, setelah masalah DNS seperti ini, diperlukan waktu berjam-jam agar semuanya berfungsi dengan baik di setiap jaringan.

Down dimulai tepat sebelum tengah malam, Senin (4/10). Itu adalah kondisi down paling signifikan bagi Facebook, sejak insiden 2019. Di mana saat itu membuat situsnya offline selama lebih dari 24 jam.

Seorang wartawan ternama, Brian Krebs, mengutip sumber terpercaya yang mengatakan bahwa insiden itu tak memiliki asal-usul yang jahat. Sebaliknya, mereka mengatakan itu dimulai dengan pembaruan BGP (Border Gateaway Control) rutin tapi dilakukan dengan cara salah. Yakni menghapus informasi perutean DNS yang dibutuhkan Facebook sehingga jaringan lain dapat menemukan situsnya.

Juru bicara Facebook Joe Osborne mengatakan kepada The Verge dalam sebuah pernyataan, “Untuk semua orang yang terpengaruh oleh kondisi down di platform kami hari ini, kami minta maaf. Kami tahu miliaran orang dan bisnis di seluruh dunia bergantung pada produk dan layanan kami untuk tetap terhubung. Kami menghargai kesabaran kalian semua saat kami kembali online.”

Di dalam Facebook, down juga merusak sistem internal, membuat karyawan tak dapat masuk ke kantor dan berkomunikasi dengan mudah satu sama lain. Beberapa memberi tahu The Verge bahwa mereka menggunakan akun email Outlook yang disediakan bagi pekerjaan, memungkinkan pekerja Facebook untuk saling mengirim email tetapi tak dapat mengirim atau menerima email dari alamat eksternal.(*)

Related Articles
Tech
Lindungi Remaja, Instagram Wajibkan Pengguna Cantumkan Tanggal Lahir

Tech
Facebook Hadirkan Vanish Mode di Messenger dan Instagram

Tech
WhatsApp Bakal Izinkan Pengguna Mengenskripsi Backup Chat di Cloud