Tech

Facebook, Instagram, WhatsApp Down di Seluruh Dunia karena Sabotase?

Jingga Irawan

Posted on October 5th 2021

Credit: Reuters

Facebook, Instagram, dan WhatsApp tak bisa digunakan oleh pengguna di seluruh dunia. Melansir Reuters, Selasa (5/10), perusahaan sedang berusaha untuk memulihkan layanan setelah terkena salah satu down terlama.

Sejak Senin (4/10) malam, beberapa pengguna telah mengeluhkan gagalnya pengiriman pesan, koneksi server dan masalah pembaruan status yang macet. Berdasarkan laporan downdetector, layanan WhatsApp tak bisa digunakan sejak pukul 23.00 WIB.

Gangguan tersebut terjadi sehari setelah seorang pelapor pelanggaran (whistleblower) menuduh perusahaan tersebut berulang kali memprioritaskan keuntungan daripada mengurangi ujaran kebencian dan informasi yang salah. Awal pekan lalu, The Wall Street Journal juga mengungkap bocornya penelitian mengenai perusahaan yang tak aware masalah kesehatan mental remaja.

Sementara, Facebook sendiri tak dapat diakses karena pengguna tak diarahkan ke tempat yang benar oleh Domain Name System. Facebook sendiri mengontrol pengaturan yang relevan. DNS memungkinkan alamat web untuk membawa pengguna ke tujuan mereka.

Ahli keamanan teknologi yang menganalisis situasi ini mengatakan situasi down kemungkinan dipicu oleh kesalahan konfigurasi yang membuat arah ke server Facebook tak tersedia. Itu bisa menjadi hasil dari kesalahan internal, meskipun sabotase oleh orang dalam secara teoritis mungkin juga terjadi.

Peretasan dari luar dianggap lebih kecil kemungkinannya. Serangan layanan besar-besaran yang dapat membanjiri salah satu situs paling populer di dunia, bakal membutuhkan koordinasi di antara kelompok kriminal yang kuat atau teknik yang sangat inovatif.

Facebook mengakui pengguna mengalami kesulitan mengakses aplikasinya tetapi tak memberikan secara spesifik tentang sifat masalahnya atau berapa banyak yang terpengaruh oleh pemadaman tersebut.

"Kami sedang berusaha untuk mengembalikan semuanya ke normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," cuit Facebook sekitar 30 menit setelah laporan pertama pemadaman.

Downdetector menunjukkan ada lebih dari 50.000 insiden pengguna yang melaporkan masalah dengan Facebook dan Instagram. Situasi down tersebut mungkin memengaruhi lebih banyak pengguna. Sementara itu, platform pesan WhatsApp juga dialami lebih dari 35.000 pengguna.

Facebook juga mengalami pemadaman serupa yang meluas dengan rangkaian aplikasinya tahun ini pada bulan Maret dan Juli. Beberapa pengguna yang menggunakan kredensial Facebook untuk log in ke aplikasi pihak ketiga seperti Pokemon Go dan Match Masters juga menghadapi masalah.(*)

Related Articles
Tech
Gara-gara Facebook Down, Telegram Dapat 70 Juta Pengguna Baru Lho!

Tech
Facebook, WhatsApp, dan Instagram Pulih Setelah Down Enam Jam, Ini Penyebabnya!

Tech
Update Baru! Direct Message Instagram Akan Berganti Jadi Messenger Facebook