Esports

Valve Putuskan The International Tidak Akan Dihadiri Penonton

Dika Afandi N

Posted on October 4th 2021

 

Valve sebagai developer DOTA 2 telah mengonfirmasi bahwa gelaran The International 10 tidak akan dihadiri oleh penonton pada Sabtu (2/10) lalu. Keputusan tersebut dibuat oleh Valve demi memastikan keamanan gelaran paling prestisius DOTA 2 tersebut. 

Praktis yang diperbolehkan hadir hanya tim peserta, talent dan staf penting. Selain itu untuk para calon penonton yang telah membeli tiket akan segera dikembalikan oleh Valve dengan syarat tertentu. Kepastian tersebut disampaikan oleh Valve melalui situs resmi DOTA 2. 

“Kami tidak menginginkan apa pun selain menyambut penggemar secara langsung di The International 10. Namun, kami tidak dapat lagi melakukannya. Sebab, kami memprioritaskan kesehatan dan kesejahteraan penonton dan peserta,” kata Valve

“Mereka yang membeli tiket akan diberikan pengembalian dana penuh secara otomatis.” Tambah Valve. Sebelumnya, Valve memberikan syarat kepada para penonton yang ingin menghadiri The International 10, yaitu para penonton setidaknya memiliki sertifikat vaksin agar bisa membeli tiket. 

Keputusan Valve ini bukan berarti tanpa alasan. Sebab, salah satu tim peserta The International 10 yaitu tim Aster dan beberapa anggota dari Invictus Gaming dinyatakan positif Covid-19 beberapa waktu lalu. Saat ini, mereka sedang menjalani karantina di salah satu hotel di kota Bucharest, Rumania. 

Valve juga mengabarkan bahwa dengan adanya keputusan ini tidak akan merubah jadwal The International 10 yang akan dihelat mulai pada 7 Oktober mendatang. Awalnya, The International 10 sendiri akan digelar di kota Stockholm, Swedia. Namun, Valve memutuskan memindahkan gelaran tersebut ke Bucharest, Rumania karena adanya kendala perizinan dari pemerintah Swedia. 

Rencananya untuk fase grup, semua tim akan bertanding secara terpisah di dalam hotel masing-masing. Sedangkan untuk tim yang lolos ke playoff akan bermain di panggung utama The International 10 di Arena Nationala, Bucharest, Rumania.

Arena Nationala merupakan salah satu stadion terbaik di Rumania. Stadion ini juga menjadi kandang dari tim nasional Romania dan salah satu klub sepak bola tersukses di negara itu yakni Steaua Bucuresti.(*)

Artikel Terkait
Esports
Catatkan Sejarah! 2 Pemain Indonesia akan Berlaga di The International 10

Esports
Terlibat Match Fixing, Valve Banned Omega Esports di Scene DOTA 2

Esports
Celotehan Xepher “Mama aku di TI” Sukses Trending di Twitter