Current Issues

11 Aplikasi Populer Ini Bakal Terintegrasi dengan PeduliLindungi

Dwiwa

Posted on October 4th 2021

Ada kabar baik nih buat kalian para pemilik ponsel dengan memori penuh. Pasalnya, Kementerian Kesehatan telah mengumumkan jika aplikasi PeduliLindungi akan terintegrasi dengan 11 aplikasi populer di Indonesia.

Aplikasi PeduliLindungi merupakan salah satu alat penting dalam beraktivitas di masa pandemi Covid-19. Aplikasi milik pemerintah ini menjadi salah satu syarat yang digunakan bagi individu untuk bisa masuk ke tempat publik atau mengakses layanan transportasi umum.

Berdasarkan laman Sehat Negeriku milik Kementerian Kesehatan (Kemkes), disebutkan jika mulai Oktober ini pengguna dapat mengakses fitur-fitur di PeduliLindungi pada 11 aplikasi populer Tanah Air. Ini berarti, kalian tidak lagi perlu mengunduh aplikasi PeduliLindungi untuk bisa mengaksesnya.

Aplikasi-aplikasi yang terintegrasi dengan PeduliLindungi ini meliputi:

1. Gojek

2 .Grab

3. Tokopedia

4. Traveloka

5. Tiket.com

6. DANA

7. Livin by Mandiri

8. Cinema XXI

9. Link Aja!

10. Goers

11. Jaki

 

Meski disebutkan jika mulai Oktober 11 aplikasi tersebut akan terintegrasi dengan PeduliLindungi,  hingga Minggu (3/10), baru tiga aplikasi yang bisa digunakan untuk mengakses fitur PeduliLindungi. Ketiganya yakni Gojek, Tokopedia, dan Jaki.

Untuk sementara ini, aplikasi lain hanya bisa digunakan untuk melakukan pemindaian QR Code PeduliLindungi ketika akan memasuki fasilitas publik. Sedangkan jika ingin mengakses fitur lain seperti sertifikat vaksinasi, pengguna masih memerlukan aplikasi PeduliLindungi.

Penggunaan aplikasi lain untuk mengakses fitur PeduliLindungi pun terbilang cukup mudah. Misalnya pada aplikasi Tokopedia. Pada laman utama aplikasi, pengguna akan langsung menemukan ikon PeduliLindungi.

Ketuk ikon tersebut dan masukkan nomor induk kependudukan (NIK) dan juga nama lengkap yang tertera di KTP. Jangan lupa aktifkan terlebih dahulu fitur lokasi saat akan mengaksesnya.

Setelah itu, baca terlebih dahulu syarat dan ketentuan sebelum memberikan persetujuan pada kotak yang bertuliskan “Data di atas adalah milik saya sendiri. Saya juga menyetujui syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi PeduliLindungi”.

Langkah selanjutnya kalian tinggal mengklik “Lanjut Scan QR”. Jika ada permintaan untuk menggunakan fitur kamera pada ponsel, beri aplikasi izin. Lalu arahkan kamera ke QR Code dan akan muncul hasil yang memperlihatkan apakah kalian boleh masuk atau tidak. (*)

 

Related Articles
Current Issues
Indonesia Bersiap Hidup Berdampingan dengan Covid-19, Ini Strategi Pemerintah

Current Issues
Ini Loh Arti Warna Hasil Skrining Aplikasi Peduli Lindungi Saat Masuk Mal

Current Issues
Aplikasi PeduliLindungi Tambah Fitur QR Code, Bisa untuk Check-in di Bandara