Lifestyle

3 Tips Membangun Rasa Percaya pada Orang Lain dan Mengikis Trust Issue

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 3rd 2021

(Ilustrasi: Storyset/Freepik)

Kepercayaan jadi hal yang penting dimiliki untuk kita menjalin hubungan dengan orang lain. Bukan hanya hubungan romantis, hubungan keluarga hingga pertemanan juga butuh rasa percaya. Sayangnya, nggak semua orang bisa dengan mudah percaya dengan orang lain. Entah karena kejadian masa lalu atau dididik untuk tak mudah percaya—kepercayaan memang hal yang sensitif.

Namun, tentunya kita gak mau terus-menerus berada di situasi penuh kecurigaan dengan orang lain. Bob Taibbi, karyawan kemasyarakatan di bidang klinis, punya beberapa cara untuk membangun kepercayaan pada orang lain, seperti yang dilansir dari Psychology Today.

Selesaikan urusan masa lalu

Mungkin di masa lalu kita pernah dihadapkan dengan pengkhianatan atau kebohongan besar. Kejadian tersebut bisa jadi mengubah pandangan kita tentang hubungan. Penting untuk memisahkan dampak masa lalu itu dari kehidupan saat ini.

Kalau memungkinkan, hubungi orang yang bersangkutan untuk memahami kenapa mereka melakukan hal menyakitkan tersebut. Kalau nggak memungkinkan, tulis sebuah surat berisi hal-hal yang sangat ingin kita ungkapkan dan tulis juga apa nasihat yang kamu harapkan untuk mencegah situasi sulit di masa lalu. Nggak perlu dikirim, cukup ditulis aja. Ini hanya bentuk kita menempatkan masa lalu pada tempatnya yaitu masa lalu.

Cari dukungan orang lain

Terkadang rasa percaya bisa datang dan pergi. Ketika dalam keadaan yang kurang baik, beranikan diri menceritakannya pada orang lain. Memang ada risiko ketika melibatkan orang lain. Namun, tindakan ini akan membuat kita merasa gak sendirian dan nggak terlalu menjadi korban. Kepercayaan juga dibangun dari hubungan dengan orang lain kan?

Cari bantuan profesional

Jika masa lalu sangat menghantui dan sama sekali nggak bisa dilepaskan, ada baiknya mencari bantuan profesional dari psikolog atau psikiater. Konsultasikan apa yang kamu alami agar bisa menemukan penyebab dan solusi paling tepat buat dirimu. Jangan self-diagnose alias mengira-ngira sendiri apa yang kamu alami ya!

Nah, itu dia sederet tips bangkit dari trust issue. Good luck! (*)

Related Articles
Lifestyle
Mengenal Tonic Immobility, Kondisi yang Seringkali Dialami Korban Pelecehan

Lifestyle
5 Akun TikTok Pemengaruh Kesehatan Mental yang Wajib Kamu Follow!

Lifestyle
Toxic Positivity dan Optimis Hampir Sama, Apa sih Bedanya? Cek 3 Poin Ini