Lifestyle

Gak Perlu Minum Kopi, Hirup Aromanya Aja Sudah Meningkatkan Fokus dan Memori!

Ada hubungannya dengan efek plasebo nih.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 3rd 2021

(Ilustrasi: pch.vector/Freepik)

Kopi memang terkenal banget sebagai minuman yang bikin melek. Apalagi pas butuh konsentrasi lebih buat menyelesaikan sesuatu di kondisi mengantuk. Minum kopi tentunya jadi jalan ninja banyak orang!

Kopi memang lumrah dikenal sebagai minuman yang mengandung kafein, zat pelawan reseptor adenosine. Nah, adenosine adalah zat di tubuh kita yang bikin kita mengantuk. Karena kerjanya dihalangi sama kafein, kita gak jadi mengantuk deh.

Uniknya, efek kopi yang bikin melek ini sebenarnya nggak murni karena kandungan kafein. Kita tahu banyak banget kopi instan yang sebenarnya mengandung sedikit banget kopi dan tentu aja kafeinnya juga gak banyak. Namun, tetap aja kita merasa melek habis minum “kopi” itu.

Dilansir dari Psychology Today, sebenarnya ada efek plasebo yang berperan dalam peran kopi yang bikin kita terjaga. Efek placebo adalah bagaimana ekspektasi kita akan suatu hal akan membantu kita merasakan dampak yang kita inginkan—meski nggak ada dasar konkret kita bisa merasakan dampak tersebut.

Kita selalu menghubungkan kopi dengan penghilang kantuk. Dari situ, meski kita hanya minum kopi instan yang sebenarnya mengandung sedikit kopi, kita akan tetap merasakan dampak penghilang kantuk tadi.

Bahkan, beberapa penelitian menemukan bahwa hanya dengan menghirup aroma kopi, kita akan merasakan dampak yang sama seperti sudah minum kopi.

Dalam penelitian yang dilakukan Hawiset (2019), kelompok yang menghirup aroma kopi sebelum mengerjakan tes memiliki hasil tes lebih baik daripada yang tak menghirup aroma apa-apa. Penelitian yang dilakukan Madzharov et al. (2018) juga memiliki hasil serupa.

Kalau dikaitkan dengan teori psikologi, ini juga erat dengan teori behaviorisme yang dicetuskan oleh Ivan Pavlov yaitu classical conditioning theory. Saat itu Pavlov melakukan eksperimen pada anjing. Ketika makanan dikeluarkan, si anjing akan menghasilkan air liur. Lalu, dicoba pula sebelum mengeluarkan makanan, bel dibunyikan. Lama-kelamaan, hanya ketika bel dibunyikan, anjing sudah menghasilkan air liur.

Kalau buat kopi, tentunya kita akan secara tidak langsung menghirup aroma kopi sebelum meminumnya. Normalnya, baru setelah minum kopi kita akan merasa fokus. Namun, bisa jadi perlahan kondisi tersebut berubah. Ketika mencium aroma kopi saja, kita secara enggak langsung mengetahui akan ada efek penghilang kantuk—jadinya kita gak mengantuk deh.

Nah, buat kamu yang coffee addict, tapi ingin mengurangi konsumsi kopi, bisa dicoba nih triknya. Cukup hirup aroma kopi kalau konsumsi kopi harian sudah melewati batas~

 

Related Articles
Interest
Penelitian: Berlebihan Konsumsi Kopi Tingkatkan Risiko Kerusakan Syarat Mata

Lifestyle
5 Langkah Berhenti Membenci Tubuh Sendiri dan Menerima Diri Apa Adanya

Lifestyle
6 Langkah Menghadapi Tekanan Akademis biar Tetap Bisa Tampil Maksimal